ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FIVE TIER PADA MATERI ASAM BASA

NABILA CHOIRUN NISA`HADI, 12212173031 (2024) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FIVE TIER PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Tes Diagnostik Five Tier Ada Materi Asam Basa” ini ditulis oleh Nabila Choirun Nisa’ Hadi, NIM.12212173031, pembimbing Ifah Silfianah, M, Pd Kata Kunci : miskonsepsi, tes diagnostik five tier, asam basa Peserta didik kerap menghadapi kesukaran dalam menguasai konsep ilmu kimia, terkadang peserta didik memahami kimia berdasarkan konsep awal. Akan tetapi, biasanya konsep yang dipahami oleh peserta didik sangat berbeda dari konsep ilmiah sehingga muncul miskonsepsi. Salah satu miskonsepsi yang kerap timbul dalam kimia ada pada materi asam basa. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dapat diidentifikasi menggunakan instrumen tes diagnostik. Tes diagnostik pilihan ganda mengalami perbaikan secara terus menerus hingga sekarang menjadi Tes Diagnostik five tier. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada materi asam basa berdasarkan hasil tes diagnostik five tier, 2) menganalisis besar persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada materi asam basa Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan untuk penelitian ini kelas XI MAN 1 Kabupaten Blitar dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda lima tingkat pada materi asam basa dengan nilai validitas instrumen sebesar 85% dan nilai reliabilitas instrumen sebesar 0,933 Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian 1) diperoleh persentase miskonsepsi peserta didik pada sub materi asam basa yaitu terletak pada teori asam basa sebesar 19%, indikator asam basa sebesar 23%, kekuatan asam (pH) sebesar 21%, tetapan ionisasi asam basa (Ka) sebesar 17%, perhitungan pH larutan sebesar 15%, dan konsep pH dalam lingkungan sebesar 17%. 2) miskonsepsi peserta didik berdasarkan sumber belajarnya yaitu 1% dari buku, 2% dari guru, /Kb 3% dari teman, 3% dari internet dan yang paling banyak bersumber dari pemikiran pribadi sebesar 11%

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Kimia > Larutan Elektrolit
Kimia > Larutan Non Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173031 NABILA CHOIRUN NISA`HADI
Date Deposited: 29 Apr 2025 06:20
Last Modified: 29 Apr 2025 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56777

Actions (login required)

View Item View Item