SAFILATABIS LIWA ANDREAN, 12201193203 (2024) IMPLEMENTASI PEER TEACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Peer Teaching Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak Bagi Siswa Di Kelas VII MTsN 1 Kota Bitar” ini ditulis oleh Safilatabis Liwa Andrean, NIM 12201193203, Program Studi Pendidikan Agama Isam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Ahmad Natsir, S.Th.I., M.Pd.I. Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang sulit memahami Materi mata pelajaran Akidah Akhlak. Oleh karena itu perlu digunakannya metode yang efektif dalam proses belajar mengajar. Metode yang di gunakan di MTsN 1 Kota Blitar yaitu metode peer teaching. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan Implementasi Peer Teaching (tutor sebaya) dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak Bagi Siswa Di Kelas VII MTsN 1 Kota Bitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dilaksanakan di MTsN 1 Kota Blitar pada bulan Mei 2024. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak dan tutor. Sedangkan informannya yaitu guru pendamping dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode peer teaching yang diterapkan di MTsN 1 Kota Blitar itu ada dua macam yaitu sebagai berikut: (a) Metode Peer Teaching yang diadakan di dalam kelas (b) Metode Peer Teaching yang diadakan diluar kelas. Penerapan teknik tutor sebaya ini dapat dikatakan berhasil meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran Akidah Akhlak siswa. Hal ini dilihat dari hasil post test yang meningkat dibanding pree test, dan juga tercapainya nilai seluruh siswa di atas Kriteria Ketentuan Minimum (KKM). Selain peningkatan pada hasil belajar dan pemahaman, dengan metode ini juga menyebabkan perubahan terhadap siswa. Perubahan-perubahan itu di antaranya adalah (a) Siswa lebih senang mengikuti KBM. (b) Siswa lebih aktif / berani untuk bertanya tentang masalah yang belum dimengerti. Kata Kunci: Metode Peer Teaching, Pemahaman Materi Akidah Akhlak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193203 SAFILATABIS LIWA ANDREAN |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:09 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |