PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ALFAN ILMA ZAKARIA, 126201203299 (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (890kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 4 Tulungagung", ini ditulis oleh Muhammad Alfan Ilma Zakaria, NIM. 126201203299, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Ahmad Natsir, S.Th.I., M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang sudah sangat pesat. Muncul berbagai macam aplikasi-aplikasi canggih dari media sosial seperti; WhatsApp, Instagram, Facebook, YouTube, TikTok dan sebagainya. Penggunaan media sosial sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, khususnya bagi anak-anak. Fenomena ini juga terjadi pada siswa di MTsN 4 Tulungagung. Banyak siswa yang selalu bermain handphone di kelas saat pembelajaran berlangsung. Apabila guru melarang dapat menjadikan mereka malas untuk belajar, mengantuk, dan berbicara dengan sesama temannya. Akan tetapi ketika mereka membuka aplikasi TikTok mereka terlihat senang dan asyik bahkan hingga lupa waku. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar terutama pada mata pelajaran Fikih menjadi kurang efektif. Sehingga perlu mengetahui motivasi belajar siswa dengan melihat apakah motivasi belajar mereka dipengaruhi media sosial TikTok yang biasa mereka gunakan atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di MTsN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji linieritas. Metode analisis data dengan metode analisis regresi linier sederhana. Dengan pengujian hipotesis uji t, uji F dan uji keofisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis maka didapatkan nilai sig sebesar 0,011 lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,05, karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara media sosial TikTok terhadap motivasi belajar. (2) Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi (R) maka didapatkan nilai sebesar 0,289, menunjukan bahwa tingkat hubungan variabel media sosial TikTok terhadap variabel motivasi belajar tergolong rendah. Sementara nilai uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 8,4% sedangkan 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Kata Kunci: Media Sosial, TikTok, Motivasi Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203299 MUHAMMAD ALFAN ILMA ZAKARIA
Date Deposited: 02 May 2025 03:36
Last Modified: 02 May 2025 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56966

Actions (login required)

View Item View Item