PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ALFI HALIMATUS SA'DYAH, 12208183190 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru saat proses pembelajaran masih menggunakan model ceramah atau konvensional tanpa mengedepandakan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran terlihat monoton, sehingga menjadikan siswa kurang termotivasi untuk terus melakukan pembelajaran maka hasil belajar tidak bisa maksimal. Dengan demikian perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Dengan diterapkannya model pembelajaran ini maka dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. 2) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran problem based learning teerhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. 3) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Jenis peneliatian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian adalah RPP, LKPD, Angket, dan Tes. Adapun teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Analisis data melalui uji validasi, uji reeliabilitas, uji prasyarat hipotesis, uji hipotesis, dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) berpengaruh terhadap motivasi belajar materi sistem pencernaan manusia kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai sig (2-tailed) variabel motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. 2) Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar materi sistem pencernaan manusia kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai sig (2-tailed) variabel hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. 3) Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) berpengaruh terhadap motivasidan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai sig. 4 p-value adalah 0,000 artinya nilai 4 p-value 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183190 ALFI HALIMATUS SA'DYAH
Date Deposited: 08 May 2025 06:36
Last Modified: 08 May 2025 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57096

Actions (login required)

View Item View Item