PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SDIT AL–ASROR

DIAH ASRI NGAYOMI, 126205203240 (2024) PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SDIT AL–ASROR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ngayomi, Diah Asri. 2024. “Pengembangan Budaya Disiplin dalam Membentuk Kepribadian Ssiswa. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata kunci: Pengembangan, Budaya Disiplin, Kepribadian Pengembangan budaya disiplin adalah suatu usaha untuk meningkatkan pembiasaan diri dalam menaati atau mematuhi peraturan dan ketentuan yang telah diterapkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran yang dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap sehingga akan terbentuk atau tertanam kuat pada pribadi siswa. Hasil yang diharapkan dari pengembangan budaya disiplin ini adalah dapat membentuk kepribadian siswa. Kepribadian yang diharapkan dari pengembangan budaya disiplin ini adalah kepribadian muslim. Pertanyaan penelitian adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk budaya disiplin dalam membentuk kepribadian siswa di SDIT Al Asror? (2) Bagaimana proses pengembangan budaya disiplin dalam membentuk kepribadian siswa di SDIT Al Asror? (3) Bagaimana implikasi pengembangan budaya disiplin dalam membentuk kepribadian siswa di SDIT Al Asror. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk budaya disiplin yaitu disiplin mengumpulkan tugas tepat waktu, datang ke sekolah tepat waktu, berseragam rapi dan lengkap, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, mengaji bersama, menerapkan 3S (senyum salam, dan sapa). (2) proses pengembangan budaya disiplin ada tiga langkah yaitu Perencanaan, yaitu kepala sekolah beserta guru dan staf karyawan mempersiapkan konsep budaya disiplin yang akan dikembangkan berupa aturan-aturan yang akan diterapkan. Pelaksanaan, yaitu mengimplementasikan budaya disiplin pada setiap kegiatan disekolah. Evaluasi, yaitu mengevaluasi pelaksanaan upaya pengembangan budaya disiplin dan penetapan sikap serta perilaku disiplin yang sudah tercipta menjadi norma yang benar (3) Implikasi di SDIT Al Asror seperti disiplin melakukan tugas memiliki pengaruh dalam belajar, karena dengan melakukan tugas- tugas yang diberikan oleh guru, siswa dapat menjadi lebih giat dan besemangat dalam belajar sehingga prestasi belajar yang akan diperoleh pun akan meningkat. Saran saya agar kedisiplinan terus berjalan dengan baik terutama implikasi di SDIT Al asror sebaiknya guru lebih memperhatikan siswa saat berada di dalam maupun diluar kelas, dan tidak lupa selalu mengingatkan kepada siswa agar siswa terbiasa menjalankan aturan yang ada di SDIT Al Asror.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203240 DIAH ASRI NGAYOMI
Date Deposited: 14 May 2025 01:58
Last Modified: 14 May 2025 01:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57186

Actions (login required)

View Item View Item