PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR DI SMAN 1 SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR

LEYLANI AFIDIA CAMMELA ARYANA, 126208203091 and MUHAMMAD IQBAL FILAYANI, 2030059001 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR DI SMAN 1 SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (755kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa Di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Leylani Afidia Cammela Aryana, NIM.126208203091, Pembimbing Muhammad Iqbal Filayani M.Si. Kata Kunci: Buku Saku, Hasil Belajar, Minat Belajar, Keanekaragaman Hayati. Penggunaan bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung pembelajaran karena bahan ajar dapat membantu tujuan pembelajaran penerapaan kurikulum merdeka, salah satunya adalah Buku Saku. Berdasarkan wawancara dan analisis kebutuhan siswa yang telah dilakukan di SMAN 1 Sutojayan didapatkan informasi perlu adanya pengembangan buku saku lebih lanjut. Dalam penerapan pembelajaran, guru menggunakan bahan ajar buku cetak LKS , hal tersebut dianggap kurang efektif dan efisien karena siswa merasa bosan dan monoton, tidak sedikit siswa kurang memahami materi yang dipelajari sebelumnya. Oleh karena itu, jika dilihat dari penggunaan bahan ajar cetak Buku Saku dalam membantu proses pembelajaran perlu adanya alternatif bahan ajar lain yang efektif, efesien, dan praktis dan diharapkan mampu meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan hasil 1) kevalidan 2) kepraktisan 3) efektifitas bahan ajar meningkatkan hasil belajar siswa kelas X materi keanekaragaman hayati di SMAN 1 Sutojayan 4) efektiftitas bahan ajar meningkatkan minat belajar siswa kelas X materi keanekaragaman hayati di SMAN 1 Sutojayan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah metode pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Sutojayan . Adapun desain implemantasi produk yakni True Experimental Design dengan bentuk desainya yakni Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data ini yaitu wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Hasil Validasi produk ahli media mendapatkan nilai 83 % sangat valid yang kategori valid, ahli materi dengan nilai 90 sangat valid dan guru mata pelajaran mendapatkan nilai 98 % dengan kategori sangat valid. 3) Hasil keterbacaan buku saku memperoleh nilai sebesar 79% yang termasuk kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan kualifikasi uji keterbacaan tersebut maka produk buku saku pada materi keanekaragaman hayati mendapatkan kriteria layak untuk digunakan. 4) Hasil Keefektifan pengemabangan bahan ajar buku saku dinyatakan “Efektif” sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dan analisis melalui IBM SPSS stastik 24, yakni pada uji T-Indenpendent Test pada hasil dan minat belajar diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari 0,05. Maka hasil uji tersebut menunjukkan adanya pengaruh penggunaan buku saku pada hasil dan minat belajar siswa, pada uji manova juga diperoleh nilai Sig sebesar 0.000 nilai ini tentunya lebih kecil dari 0.05, maka menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara hasil dan minat belajar antara kelas kontrol dan eksperimen .Adapun Hasil uji N-Gain pada kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 25,48 % nilai tersebut tergolong kriteria tidak efektif, sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai 59,77 % nilai termasuk cukup efektif dalam meningkatkan hasil dan minat belajar materi keanekaragaman hayati kelas X. Selisih perubahan rata rata nilai siswa sebesar 34,29 %, hal ini menunjukkan buku saku 34,39 % lebih efektif dalam meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas X.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203091 LEYLANI AFIDIA CAMMELA ARYANA
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:20
Last Modified: 16 Sep 2025 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57194

Actions (login required)

View Item View Item