MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN (Studi Multisitus di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto)

NUR HABIBAH, 1880501220031 (2024) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN (Studi Multisitus di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Pelanggan (Studi Multisitus di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto)”. ini ditulis oleh Nur Habibah dengan dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Pelanggan Studi Multisitus di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto. Penelitian ini berfokus pada upaya manajemen pemasaran dalam meningkatkan daya saing. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana segmentasi pemasaran pendidikan dalam menarik minat pelanggan di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokert? (2) Bagaimana targeting manajemen pemasaran pendidikan dalam menarik minat pelanggan di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto? (3) Bagaimana positioning manajemen pemasaran pendidikan dalam menarik minat pelanggan di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap segmentasi, targetting dan positioning pemasaran pendidikan dalam menarik minat pelanggan di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait manajemen pemasaran, Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran ini memiliki peran yang signifikan dalam menciotakan daya saing di lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini adalah: (1) Segmentasi di MAN 2 Mojokerto dan MAN 1 Kota Mojokerto dilakukan dengan pembentukan visi misi dan pematangan program madrasah yang ditentukan dengan melakukan analisis kebutuhan pelanggan. sedari awal sudah ditetapkan dalam rapat awal tahun ajaran baru, serta pembentukan tim untuk memaksialkan kinerja setiap SDM dan dapat bekerja sesuai dengan turpoksinya sehingga nantinya mampu melaksanakan semua program tanpa kendala. (2) Man 2 Mojoketo dan MAN 1 Kota Mojokerto melakukan kegiatan-kegiatan kolaboratif serta merangkul lingkungan sekitar demi menumbuhkan rasa kepercayaan antar lembaga dan lingkungan sekitar, dan sudah disusun dalam rapat awal tahunan. Untuk pelaksanaan rencana pemasaran pendidikan dengan mengandalkan tim yang sudah dibentuk serta melaksanakan seluruh program-progra madrasah. (3) Kedua lembaga membentuk keunikan dengan menonjolkan hal-hal menarik yang tidak dimiliki oleh lembaga lain. Hal ini dilakukan demi terciptanya citra positif dalam benak calon pelanggan pendidikan. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Minat Pelanggan

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220031 NUR HABIBAH
Date Deposited: 19 May 2025 03:29
Last Modified: 19 May 2025 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57269

Actions (login required)

View Item View Item