PIPIT RIZKI ANANDA, 2823133125 (2017) PERAN ACCOUNT OFFICER DALAM MEMINIMALISIR PEMBIAYAAN BERMASALAH YANG TERJADI DI BMT PETA TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (147kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Account Officer dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah yang Terjadi di BMT PETA Trenggalek” yang ditulis oleh Pipit Rizki Ananda NIM 2823133125 dibimbing oleh Ibu Sri Eka Astutiningsih, SE.MM. Penelitian ini dilatarbelakangi, bahwa peran seorang Account Officer sangatlah diperlukan guna meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah. Banyaknya pembiayaan bermasalah yang terjadi bisa disebabkan dari berbagai pihak, tetapi setidaknya pencegahan awal dari pihak lembaga adalah meakukan analisis pembiayaan dengan teliti. Disini peran Account Officer sangatlah penting karena kegiatan analisis pembiayaan dan semua keputusan pembiayaan adalah kewenangan dari seorang Account Officer dan manager hanya menyetujui saja. Jadi bisa dibilang bahwa Account Officer disini adalah nyawa bagi BMT PETA Trenggalek. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Account Officer dalam menganalisis permohonan pembiayaan yang ada di BMT PETA Trenggalek? (2) Bagaimana upaya Account Officer dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah yang ada di BMT PETA Trenggalek? Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui peran Account Officer terhadap permohonan pembiayaan yang ada di BMT PETA Trenggalek. (2) Untuk mengetahui upaya Account Officer dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah di BMT PETA Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah pola interaktif yang meliputi; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) peran Account Officer dalam menganalisis permohonan pembiayaan adalah a.Melakukan analisis 5C character,cappital,capacity,collateral,conditional b.Pengawasan dilakukan untuk pengamanan pembiayaan yang diberikan kepada nasabah, dengan cara memantau rekening koran nasabah dan sering melakukan kunjungan ke rumah nasabah (2) Strategi Account Officer untuk meminimalisir pembiayaan bermasalah a. Melakukan rescheduling yaitu penjadwalan kembali jangka waktu angsuran serta memperkecil jumlah angsuran. b. Memberikan somasi ketika nasabah sudah 3 bulan tidak membayar angsuran, somasi akan diberikan sampai 3 bulan selanjutnya. c. Penarikan jaminan sebagaimana telah tercantum pada akad yaitu di pasal 7. kata kunci: Account Officer, Manajemen Pembiayaan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823133125 PIPIT RIZKI ANANDA |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 03:52 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5750 |
Actions (login required)
View Item |