NUR ALIFA FADHILA, 126401213127 (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK, DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TABUNGAN HAJI PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (974kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Produk, dan Pendapatan Terhadap Keputusan Memilih Tabungan Haji pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Blitar” ini ditulis oleh Nur Alifa Fadhila, NIM. 126401213127, dengan pembimbing Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan Produk, Pendapatan, Tabungan Haji, Bank Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan industri perbankan yang sangat kuat seperti sekarang menuntut bank syariah untuk memahami kebutuhan nasabah, namun masih banyak masyarakat yang belum mengenal adanya bank syariah beserta produknya. Produk tabungan haji belum sepenuhnya dapat mengubah preferensi masyarakat yang mayoritasnya beragama islam karena kurangnya pemahaman dan kurangnya kecukupan finansial masyarakat itu sendiri. Maka diperlukan analisis mengenai faktor-faktor yang dapat memengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan haji. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan (1) pengaruh religiusitas terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Blitar; (2) pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan haji Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Blitar; (3) pengaruh pendapatan terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Blitar; (4) pengaruh secara simultan religiusitas, pengetahuan produk, dan pendapatan terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dalam pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket, populasi dalam penelitian ini nasabah tabungan haji Bank Muamalat Indonesia KCP Blitar. Data diolah dan dianalisis menggunakan SPSS Versi 21.0 dengan uji analisis data, yaitu uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji auto korelasi, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan memilih tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia KCP Blitar, pengetahuan produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan memilih tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia KCP Blitar, pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan memilih tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia KCP Blitar. Kemudian secara bersama-sama variabel religiusitas, pengetahuan produk, dan pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap keputusan memilih tabungan haji pada Bank Muamalat Indonesia KCP Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 126401213127 NUR ALIFA FADHILA |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:09 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |