AJENG AYU PAKERTI, 126204212101 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII DI MTsN 7 NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (842kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pakerti, Ajeng Ayu. 2025. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Photomath terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII di MTsN 7 Nganjuk. Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Photomath, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, yang salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik serta minimnya pemanfaatan media teknologi yang interaktif. Padahal, Perkembangan teknologi di era digital telah membuka peluang besar dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu tantangan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya motivasi karena persepsi bahwa matematika sulit dipahami. Aplikasi Photomath sebagai media pembelajaran interaktif hadir untuk membantu siswa memahami konsep matematika secara mandiri dengan menampilkan langkah-langkah penyelesaian soal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi photomath terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 7 Nganjuk. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi photomath terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 7 Nganjuk. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi photomath terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 7 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif eksperimental dengan desain quasy experimental bentuk non-equivalent control group.. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 7 Nganjuk yang berjumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan terdapat dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney U Test dan Uji Generalized Linear Model (GLM) Multivariate untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap beberapa variabel dependen secara simultan atau sekaligus. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi photomath terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 7 Nganjuk (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi photomath terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 7 Nganjuk. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi photomath terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 7 Nganjuk. Dengan demikian, Photomath dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran interaktif yang efektif dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212101 AJENG AYU PAKERTI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 05:29 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |