ILFI NURDIANA, 126210212053 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS BERITA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL KOTA BLITAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Nurdiana, Ilfi. 2025. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Berita Bermuatan Kearifan Lokal Kota Blitar untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dian Etikasari, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Kearifan Lokal Kota Blitar, Teks Berita. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang perlu dikuasai siswa, termasuk keterampilan menulis teks berita. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MTsN 2 Kota Blitar, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan masih bersifat monoton, kurang menarik, serta tidak relevan dengan konteks lokal. Hal ini menyebabkan rendahnya minat siswa dalam pembelajaran dan kesulitan memahami struktur serta kaidah penulisan teks berita. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar yang kontekstual, menarik, serta mampu mengintegrasikan unsur budaya lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan proses pengembangan bahan ajar menulis teks berita bermuatan kearifan lokal Kota Blitar untuk siswa kelas VII SMP/MTs, (2) mendesripsikan uji efektivitas penerapan bahan ajar menulis teks berita bermuatan kearifan lokal Kota Blitar untuk siswa kelas VII SMP/MTs. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, penerapan atau uji coba, serta evaluasi terhadap produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar angket. Dengan teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji T-Test, dan uji N-Gain. Bahan ajar yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa buku cetak pada materi teks berita yang menjadikan kearifan lokal Kota Blitar sebagai konten utama dengan judul bahan ajar “Jejak Kearifan Lokal Kota Blitar dalam Lensa Berita”. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks berita bermuatan kearifan lokal Kota Blitar terdiri atas komponen: kata pengantar, petunjuk penggunaan, daftar isi, pendahuluan, apersepsi, dua petualangan, daftar pustaka, dan tentang penulis. Hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata kelayakan 96% (kategori sangat layak), dan ahli bahan ajar memberi nilai 100% untuk aspek kegrafikan. Penilaian ahli praktisi menunjukkan rata-rata kelayakan 98% (sangat layak). Uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan rata-rata N-gain score sebesar 77 (kategori efektif). Angket respon siswa menunjukkan rata-rata 84% (cukup valid). Dengan demikian, bahan ajar ini layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita di kelas VII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212053 ILFI NURDIANA |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |