PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERISTIWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 3 SRENGAT

YULIFA ROSELAWATI, 126210211045 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERISTIWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Kartu Peristiwa Untuk Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Srengat”. Ditulis oleh Yulifa Roselawati, NIM. 126210211045, pembimbing Dian Etikasari, M.Pd. Kata kunci: Media Kartu Peristiwa, Menulis Puisi, Pengembangan. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran kartu peristiwa ini didukung oleh permasalahan pembelajaran menulis puisi yang belum menggunakan media visual yang inovatif dan menarik perhatian siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Melihat permasalah tersebut, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran kartu peristiwa yang menarik dan inovatif. Tujuan penelitian yang dilakukan, yaitu (1) mendeskripsikan proses pengembangan media kartu peristiwa untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Srengat, (2) mendeskripsikan uji efektivitas penerapan media kartu peristiwa untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Srengat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Bord and Gall yang terdiri dari tujuh tahapan, yaitu identifikasi potensi dan identifikasi masalah, pengumpulan data awal, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Desain yang digunakan, yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan sampel dua kelas, yaitu kelas VIII-C (kelas eksperimen) dan kelas VIII-D (kelas kontrol). Instrumen penelitian dan pengembangan meliputi intrumen observasi proses pembelajaran, instrumen angket validasi produk, instrumen angket siswa kelas eksperimen, instrumen tes siswa (pre-postes), dan wawancara guru. Kemudian analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji statistik, yaitu Independen Sample T-Test. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi proses pembelajaran, wawancara, angket dokumentasi, dan hasil tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan (1) Media pembelajaran kartu peristiwa materi menulis puisi kelas VIII dikembangkan dalam bentuk media visual cetak dengan ukuran 10cmx15cm berbahan art papper. Terdapat konten judul tema, gambar ilustrasi, dan narasi. Pada media 3D pendukung kartu peristiwa dengan ukuran 80x70cm berbahan styrofoam warna. Terdapat konten materi puisi. (2) Hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata 94,6% (sangat valid/layak). Hasil validasi ahli media menunjukkan rata-rata 94% (sangat valid/layak). Hasil validasi ahli praktisi menunjukkan rata-rata 91,8% yang berkriteria (sangat praktis/layak. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil angket siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 86,6% (sangat layak). Dengan demikian media kartu peristiwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi menulis puisi kelas VIII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211045 YULIFA ROSELAWATI
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:37
Last Modified: 10 Jun 2025 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57912

Actions (login required)

View Item View Item