HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH

SYAHRANI, 126308212123 (2025) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa di SMP Islam Al Khoiriyah” ditulis oleh Syahrani dengan NIM. 126308212123. Program Studi Psikologi Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. dengan NIP. 197211271997032001. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, dan akan saling membutuhkan antara satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penyesuaian diri merupakan salah satu kegiatan manusia yang sangat penting untuk menjalani kehidupannya. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya kebanyakan dikarenakan proses penyesuaian diri yang kurang baik. Keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam meraih kesuksesan dalam kehidupannya dalam kehidupannya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yang terpenting adalah faktor kecerdasan, tentunya juga kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi yang dimaksud seperti mengenali emosi diri sendiri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, berempati terhadap orang lain, dan keterampilan sosial dalam membina hubungan. Hal inilah yang merupakan alasan pentingnya kecerdasan emosi dalam penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kecerdasan emosi siswa di SMP Islam Al Khoiriyah, (2) mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa di SMP Islam Al Khoiriyah, (3) mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian pada siswa di SMP Islam Al Khoiriyah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan korelasional. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik korelasi spearman. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, penentuan sampel dari nonprobability sampling menggunakan cara sampling jenuh yaitu dengan menggunakan semua populasi sebagai sampel, dikarenakan jumlah populasi relatif kecil sehingga semua populasi dijadikan sampel yaitu dengan jumlah 111 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala yaitu skala kecerdasan emosi dari teori menurut Goleman (2007), dan untuk penyesuaian diri dari teori menurut Hurlock (1980). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosi siswa di SMP Islam Al Khoiriyah dari 111 siswa berada pada kategori sedang yaitu 67% sebanyak 75 siswa. Sedangkan pada penyesuaian diri juga berada pada kategori sedang yaitu 73% sebanyak 81 siswa. Hasil analisis korelasi spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri dari hasil korelasi sebesar -0,036 dengan nilai Sig sebesar 0,705 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 yang artinya tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri pada siswa di SMP Islam Al Khoiriyah. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Penyesuaian Diri, Siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308212123 SYAHRANI
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:51
Last Modified: 10 Jun 2025 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57913

Actions (login required)

View Item View Item