PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTSN 5 KEDIRI

ALVI MUVIDAH, 126207203130 (2024) PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Minat dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik di MTsN 5 Kediri” oleh Alvi Muvidah, NIM 126207203130, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini , M.A Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Minat Belajar, Hasil Belajar Pembelajaran yang berpusat pada guru kurang melibatkan peran aktif siswa dalam memperoleh pengetahuan, yang sering kali menyebabkan siswa kurang termotivasi dan memiliki minat rendah dalam belajar. Situasi ini terjadi karena metode pengajaran yang diterapkan belum sepenuhnya mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar di kelas. Penerapan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menguji dan membuktikan pengaruh kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa (2) untuk menguji dan membuktikan pengaruh kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik (3) untuk meng uji dan membuktikan pengaruh kurikulum Merdeka terhadap minat dan hasil belajar peserta didik . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelatif . Teknik pengambilan data menggunakan kuisoner, dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Variabel independent penelitian ini adalah kurikulum Merdeka dan variabel dependent nya minat dan hasil belajar. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 398 siswa dengan sampel 199 siswa kelas 7. Analisis data yang digunakan yakni uji validitas, Uji reabilitas, uji prasyarat, dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh signifikan antara kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa dibuktikan dari nilai sig. kurang dari 0,05. Dilihat dari perolehan nilai sig. 0.005<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan thitung 2.825> ttabel 1.972 (2) ada pengaruh signifikan antara kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dari nilai sig. kurang dari 0,05. Dilihat dari perolehan nilai sig. 0.003<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan thitung 2.960> ttabel 1.972 (3) ada pengaruh signifikan antara kurikulum Merdeka terhadap minat dan hasil belajar siswa dibuktikan dari nilai Pillai‟s Trace, Wilks‟ Lambda, Hotelling‟s Trace, dan Roy‟s Largest Root yang menunjukkan nilai Sig. dibawah 0,05 hasil distribusi data menunjukkan nilai sig. 0.000<0.05 maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kurikulum Merdeka terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 5 Kediri

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203130 ALVI MUVIDAH
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:07
Last Modified: 06 Oct 2025 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57940

Actions (login required)

View Item View Item