TIAS MARTA NOVITASARI, 126204212098 (2025) PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Collaborative Learning Berbasis Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Perbandingan Kelas VII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Tias Marta Novitasari, NIM. 126204212098, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Collaborative Learning, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, Perbandingan, Quizizz Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik, yang terlihat dari nilai ulangan harian di kelas VII MTsN 6 Tulungagung yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Untuk mengatasi permasalahan ini, dapat diterapkan metode Collaborative Learning berbasis Quizizz, yang mengombinasikan kerja sama antarpeserta didik dengan media digital interaktif guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode collaborative learning berbasis quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII MTsN 6 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode collaborative learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII MTsN 6 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode collaborative learning berbasis quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain posttest only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII tahun ajaran 2024/2025 MTsn 6 Tulungagung. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Ada pengaruh metode collaborative learning berbasis quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII MTsN 6 Tulungagung dengan nilai sign. 0,004 < 0,05. 2) Ada pengaruh metode collaborative learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII MTsN 6 Tulungagung dengan nilai sign. 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh metode collaborative learning berbasis quizizz terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII MTsN 6 Tulungagung dengan nilai sign. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Perbandingan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212098 TIAS MARTA NOVITASARI |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:59 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |