KENNATA AHYA MAULANA, 126210212064 (2025) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR WISATA RELIGI MAKAM BUNG KARNO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARTIKEL ILMIAH POPULER SISWA KELAS VIII MTS MA`ARIF NU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.PDF Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Sumber Belajar Wisata Religi Makam Bung Karno dalam Pembelajaran Menulis Teks Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU Blitar” ini ditulis oleh Kennata Ahya Maulana, NIM 126210212064, dengan pembimbing/promotor Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Sumber Belajar, Wisata Religi Makam Bung Karno, Teks Artikel Ilmiah Populer Pemanfaatan sumber belajar kontekstual berbasis lingkungan sekitar memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu potensi lokal yang dapat dimanfaatkan adalah wisata religi Makam Bung Karno di Kota Blitar yang tidak hanya memiliki nilai historis dan spiritual, tetapi juga kaya akan informasi yang dapat dikembangkan menjadi sumber belajar menulis teks artikel ilmiah populer. MTs Ma'arif NU Blitar adalah salah satu madrasah yang memanfaatkan wisata religi Makam Bung Karno sebagai sumber belajar untuk mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks artikel ilmiah populer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam penggunaan wisata religi Makam Bung Karno sebagai sumber belajar menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII MTs Ma'arif NU Blitar, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menyenangkan dan berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait pembelajaran menulis teks artikel ilmiah populer. Sumber data pada penelitian ini adalah informan, proses pembelajaran, dan dokumen pendidik. Data pada penelitian ini adalah aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, catatan lapangan, dan transkrip hasil wawancara. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu dalam perencanaan pembelajarannya, pendidik menyusun modul ajar dan menyiapkan sumber belajar berupa sebuah teks artikel buatan pendidik dan sebuah video profil Makam Bung Karno. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran telah sesuai dengan RPP pendidik. Dalam menggunakan sumber belajar, pendidik menayangkan video profil wisata religi Makam Bung Karno dan mengulas teks artikel ilmiah populer bertema Makam Bung Karno secara bersama-sama. Interaksi peserta didik selama pembelajaran sudah baik, meskipun masih terdapat peserta didik yang pasif. Dalam evaluasinya, pendidik menggunakan teknik evaluasi berupa penugasan menulis teks artikel ilmiah populer secara berkelompok. Sedangkan instrumen evaluasinya berupa rubrik penilaian keterampilan berdasarkan aspek judul, kelengkapan, dan penggunaan bahasa, serta penilaian sikap dengan rentang nilai 60-90.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212064 KENNATA AHYA MAULANA |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:08 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |