ISNA SHOFIA ZAHROTUL ILMI, 126205211036 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MI RAUDLATUS SHIBYAN KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di MI Raudlatus Shibyan Kediri” ditulis oleh Isna Shofia Zahrotul Ilmi, NIM 126205211036, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. NIP. 198609072023202139 Kata kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write, Berpikir Kritis Faktor yang menyebabkan kurangnya peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh keterbatasan guru dalam merancang dan menggunakan model pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk menganalisis, melakukan sintesis, memecahkan masalah, menyimpulkan, dan mengevaluasi. Selain itu kurangnya latihan soal dengan tipe menganalisis dan mengidentifikasi, lingkungan belajar yang kurang mendukung untuk berdiskusi, dan minimnya kesadaran peserta didik tentang kemampuan berpikir kritis. Sehingga akan berdampak pada hasil akhir yang kurang maksimal sesuai dengan kriteria ketuntasan dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata Pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Raudlatus Shibyan Kediri. (2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Raudlatus Shibyan Kediri. (3) mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Raudlatus Shibyan Kediri. Jenis penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Observasi dan wawancara untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Metode tes untuk mengetahui hasil kemampuan belajar peserta didik. Catatan lapangan dan dokumentasi sebagai bahan referensi tambahan. Hasil penelitian model diatas dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Hasilnya menunjukkan peningkatan dari hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis setelah dilakukan penerapan model tersebut. (1) Hasil nilai rata-rata pratindakan yaitu sebesar 58,75 (28%) sebanyak 8 peserta didik yang tuntas dan 20 tidak tuntas. (2) Nilai rata-rata siklus I yaitu 68,57 dengan nilai ≥70 sebanyak 18 peserta didik (64%) dan yang mendapat <70 sebanyak 10 peserta didik (36%). (3) Sedangkan pada siklus II rata-rata 85,36 dengan ≥70 sebanyak 26 peserta didik (92%) dan yang mendapat <70 sebanyak 2 peserta didik (8%). Demikian pada rata-rata kemampuan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, mengalami peningkatan sebesar 16,79% begitu pula pada ketuntasan belajar matematika mengalami peningkatan sebesar 28% dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211036 ISNA SHOFIA ZAHROTUL ILMI |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |