PENGARUH PENGGUNAAN PROYEK DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS

INDANA ZULFA AINUN NI'MAH, 126205211032 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN PROYEK DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan belajar karena pembelajaran yang monoton, oleh karena itu kemampuan berpikir kreatif peserta didik kurang terasah. Peningkatan berpikir kreatif sangat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Dalam hal ini, berpikir kreatif dapat di tingkatkan dengan proyek diorama. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan proyek diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan proyek diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 14 Blitar dengan sampel kelas B sebagai kelompok eksperimen menggunakan proyek diorama dan kelas C sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test berpikir kreatif dengan uji independent sample t-test dan angket setelah melaksanakan proyek diorama dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan proyek diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS dengan nilai sig. 0,002 karena terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen dan variabel dependen. 2) besaran pengaruhnya diperoleh sebesar 0,989 karena proyek diorama mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, mengembangkan imajinasi, dan memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211032 INDANA ZULFA AINUN NI'MAH
Date Deposited: 13 Jun 2025 01:53
Last Modified: 13 Jun 2025 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58068

Actions (login required)

View Item View Item