PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

YA'LU WALA YU'LAA, 126308212190 (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyontek pada Siswa di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Ya’lu Wala Yu’laa, NIM 126308212190, Pembimbing Abdulloh Chakim, M.Pd. Kata kunci: Efikasi diri, Perilaku Menyontek, Pelajar SMA Sistem penilaian yang dilakukan di Indonesia dilakukan dengan beberapa metode salah satunya adalah melalui sebuah ujian. Ditingkat sekolah menengah atas (SMA), pelajar berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang bagus saat ujian bahkan melakukan hal yang curang yaitu menyontek. Perilaku menyontek dikalangan pelajar sudah menjadi fenomena yang sudah marak terjadi. Efikasi diri seorang siswa memiliki peran terhadap fenomena perilaku menyontek tersebut. Efikasi diri adalah suatu keyakinan dalam diri individu terhadap kemampuan yang dimiliki untuk mengatur dan melakukan serangkaian kegiatan guna mencapai tujuan. Rumusan masalah yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek pada siswa di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek, (2) Seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek pada siswa di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengatahui adakah pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek pada siswa di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Subjek penelitian dipilih karena adanya indikasi perilaku menyontek yang dilakukan berdasarkan keterangan dari guru BK SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode ini merupakan sebuah metode yang menggambarkan atau mendeskripsikan hasil dari penelitian yang dilakukan menggunakan angka-angka melalui pengumpulan data, penafsiran terhadap data. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner langsung kepada siswa di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Butir item yang digunakan, disusun dari teori milik Cizek untuk variabel menyontek dan milik Bandura untuk efikasi diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan menemukan adanya pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek. Pernyataan tersebut didapatkan dari nilai signifikasi sebesar 0,037 lebih kecil dari 0,05. Dalam model regresi linear yang dilakukan, efikasi diri menyumbang 5,1% dari perilaku menyontek para pelajar. Besar pengaruh ini masuk dalam kategori lemah. Korelasi pengaruh antara efikasi diri dan perilaku menyontek adalah positif yang berarti, semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pula perilaku menyontek yang dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308212190 YA'LU WALA YU'LAA
Date Deposited: 23 Jun 2025 10:41
Last Modified: 23 Jun 2025 10:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58082

Actions (login required)

View Item View Item