MILA NAZILATUL AZIZAH, 126210202082 (2024) KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KEPADA GURU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS IKLAN KELAS VIII MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER..pdf Download (962kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI..pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB I..pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB VI..pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mila Nazilatul Azizah. 2024. Kesantunan Berbahasa Siswa Kepada Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kelas VIII MTsN 10 Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd. I. Kata kunci: kesantunan berbahasa, keterampilan berbicara Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu pada elemen berbicara. Dalam pembelajaran keterampilan berbicara kesantunan menjadi tujuan dalam elemen berbicara. Kesantunan dalam berbahasa penting untuk diperhatikan agar menjadikan komunikasi yang baik. Interaksi yang santun dalam pembelajaran dapat menciptakan hubungan antara guru dan siswa terjalin baik. Hal tersebut menjadi salah satu faktor tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa siswa kepada guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara, (2) Mendeskripsikan relevansi kesantunan berbahasa siswa kepada guru terhadap pembelajaran keterampilan berbicara. Pendekatan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa kepada guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik rekam dan catat, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa siswa kepada guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara kelas VIII MTsN 10 Blitar terdapat 4 maksim yaitu maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian. Tuturan kesantunan berbahasa siswa kepada guru maksim penghargaan sebanyak 4 tuturan, maksim kerendahan hati sebanyak 12 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 10 tuturan, dan maksim kesimpatian sebanyak 2 tuturan. Tuturan yang sering terjadi yaitu dalam maksim kerendahan hati dan maksim kesepakatan, sedangkan tuturan yang sedikit dalam maksim penghargaan dan maksim kesimpatian. Berdasarkan tuturan siswa kepada guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara kelas VIII MTsN 10 Blitar menunjukkan kesantunan dalam berbahasa. Kesantunan berbahasa siswa kepada guru tersebut relevan terhadap pembelajaran keterampilan berbicara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Speaking |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202082 MILA NAZILATUL AZIZAH |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:18 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |