DINA AKMALIA FARKHATI, 126201212106 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” disusun oleh Dina Akmalia Farkhati, NIM. 126201212106, Pembimbing Dr. Sukarji, M.Pd.I. Kata kunci: Aplikasi Kahoot, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan hasil pengamatan awal, sebagian besar peserta didik memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75. Pembelajaran masih didominasi oleh metode konvensional dengan media yang belum variatif, sehingga peserta didik mudah bosan dan kurang terlibat secara aktif. Rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran turut berkontribusi pada rendahnya hasil belajar mereka. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan aplikasi Kahoot. Kahoot merupakan aplikasi berbasis permainan (game based learning) berupa kuis interaktif. Aplikasi ini memungkinkan peserta didik belajar dengan cara yang lebih menarik dan memotivasi mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini yaitu, (1) Adakah pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan. (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental, tepatnya bentuk One Group Prestest-Postest Design. Desain ini digunakan karena dalam penelitian ini hanya melibatkan satu kelas yaitu kelas eksperimen yang dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan hasil post-test. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan tergolong sangat besar, dibuktikan dengan hasil perhitungan effect size yang menunjukkan nilai sebesar 3,02, yang menurut interpretasi Cohen’s masuk dalam kategori sangat besar (d > 0,8).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212106 DINA AKMALIA FARKHATI |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:41 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |