PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL

RODLIATUL MAGHFIROH, 126208212053 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Website terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Rodliatul Maghfiroh, NIM. 126208212053, Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah, Website, Klasifikasi Makhluk Hidup. Kesulitan siswa dalam mengaitkan konsep yang ada dalam materi klasifikasi makhluk hidup karena memuat konsep-konsep yang tidak mudah divisualisasikan atau dikonkretkan. Kemudian siswa juga kurang memiliki rasa keingintahuan dan sikap kritis dalam mempelajari IPA yang berakibat siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Kondisi tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalah tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media website. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan website terhadap hasil belajar kognitif siswa. 2) pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan website terhadap sikap ilmiah siswa. 3) pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan website terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas control. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Pengukuran instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, dan daya beda butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu uji t-bebas, dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan website terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,002<0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan website terhadap sikap ilmiah siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan website terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212053 RODLIATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:41
Last Modified: 18 Jun 2025 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58144

Actions (login required)

View Item View Item