IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI MA ROUDLOTUL MUTAALLIMIN BLITAR

ARVELA DWI RAHMAWATI, 126201213233 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI MA ROUDLOTUL MUTAALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan abad 21 (4C) yang mencakup critical thinking, communication, collaboration, dan creativity dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Fiqh. MA Roudlotul Mutaallimin telah menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Fiqh sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa. Melalui penerapan metode ini, siswa didorong untuk menjadi subjek aktif dalam memecahkan permasalahan kontekstual yang relevan dengan materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan pembelajaran melalui metode Problem Based Learning dalam mata pelajaran Fiqh. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan pembelajaran melalui metode Problem Based Learning guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fiqh. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode Problem Based Learning guna meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi metode Problem Based Learning guna meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran Fiqh. (4) Untuk mendeskripsikan implementasi metode Problem Based Learning guna meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Fiqh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui pengambilan/pengumpulan data, kondensasi data, pemaparan, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, serta perpanjangan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang meningkat, ditandai dengan kemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, dan menyusun argumen secara logis. (2) Kemampuan komunikasi siswa berkembang melalui diskusi kelompok, presentasi hasil pemecahan masalah, dan interaksi aktif dengan guru maupun teman sekelas. (3) Keterampilan kolaborasi tampak dari kerja sama yang solid dalam kelompok kecil, adanya pembagian tugas yang merata, serta sikap saling menghargai pendapat antaranggota tim. (4) Kreativitas siswa terlihat dalam cara mereka merancang solusi yang inovatif dan orisinal terhadap permasalahan yang diberikan, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213233 ARVELA DWI RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:52
Last Modified: 10 Jul 2025 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58152

Actions (login required)

View Item View Item