IMROATUL KHAMIDAH, 126204211035 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DALAM MATERI RASIO KELAS VII MTS NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (885kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy dalam Materi Rasio Kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Imroatul Khamidah, NIM 126204211035, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra.Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Self Efficacy Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis yang harus dikuasai siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan self efficacy pada siswa. Banyak beberapa kesalahan dalam menjawab soal matematika karena siswa tidak nalar pada materi yang telah diajarkan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Analisis kemampuan penalaran matematis siswa didasarkan pada tiga indikator kemampuan penalaran matematis yang dikemukakan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang mempunyai self efficacy tinggi dalam materi rasio kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang mempunyai self efficacy sedang dalam materi rasio kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung, dan (3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang mempunyai self efficacy rendah dalam materi rasio kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs Negeri 2 Tulungagung dan diikuti seluruh siswa kelas VII-G yang berjumlah 32 siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa dengan kategori self efficacy tinggi, 2 siswa dengan kategori self efficacy sedang, dan 2 siswa dengan kategori self efficcacy rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran matematis siswa dengan self efficacy tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan, (2) kemampuan penalaran matematis siswa dengan self efficacy sedang memenuhi dua indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika (3) dan kemampuan penalaran matematis siswa dengan self efficacy rendah memenuhi satu indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211035 IMROATUL KHAMIDAH |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:29 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |