UTIYAT ALWILDANATUL JANAH, 126201212119 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM "PEMBINAAN" DALAM MENINGKATKAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program ‘Pembinaan’ dalam Meningkatkan Nilai Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Utiyat Alwildanatul Janah, NIM. 126201212119, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Program “Pembinaan”, Nilai, Madrasah, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik, yang terlihat dari perilaku sehari-hari yang kurang mencerminkan akhlak islami, seperti kurangnya sopan santun, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Kondisi ini menunjukkan bahwa penyampaian materi pendidikan agama secara formal belum sepenuhnya menyentuh kesadaran spiritual dan moral peserta didik. Oleh karena itu, MTsN 1 Blitar merancang program “pembinaan” sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan nilai pendidikan agama Islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan program “pembinaan” dalam meningkatkan nilai pendidikan agama Islam peserta didik di MTsN 1 Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan program “pembinaan” dalam meningkatkan nilai pendidikan agama Islam peserta didik di MTsN 1 Blitar? (3) Bagaimana tujuan program “pembinaan” dalam meningkatkan nilai pendidikan agama Islam peserta didik di MTsN 1 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yang berlokasi di MTsN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan pengamatan, keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) Perencanaan program pembinaan diawali dengan identifikasi masalah dan pengumpulan data berdasarkan laporan guru, wali kelas, serta petugas tata tertib, yang kemudian ditindaklanjuti melalui koordinasi untuk menyusun teknis pelaksanaan pembinaan, termasuk penentuan waktu, tempat, dan materi yang akan disampaikan. (2) Pelaksanaan program “pembinaan” bersifat insidental dan disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak seperti kepala madrasah, waka kesiswaan, guru BK, petugas tata tertib, serta guru lainnya. Metode yang digunakan meliputi ceramah, cerita (qishah), keteladanan, klasikal, dan bimbingan kelompok. Hambatan yang sering muncul seperti kurangnya fokus peserta didik maupun suasana yang tidak kondusif diatasi melalui pemberian teguran oleh petugas tata tertib. Setelah pembinaan massal, dilakukan tindak lanjut melalui monitoring spiritual untuk memastikan nilai-nilai keislaman benar-benar dipahami dan diterapkan. (3) Tujuan utama program “pembinaan” di MTsN 1 Blitar adalah preventif untuk mencegah perilaku menyimpang dan kuratif untuk memperbaiki dan menangani kasus yang sudah terjadi agar tidak menyebar ke peserta didik lain. program ini berhasil meningkatkan kesadaran peserta didik mengenai pentingnya menjaga nilai-nilai pendidikan agama Islam, meskipun perubahan terjadi secara bertahap. Program ini juga diintegrasikan dengan melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan secara rutin setiap hari. Evaluasi keberhasilan program dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku peserta didik, perbandingan data pelanggaran sebelum dan sesudah pembinaan, serta koordinasi dengan guru dan pihak terkait.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212119 UTIYAT ALWILDANATUL JANAH |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:59 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |