IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO

NUR FAUZI RAHMAWATI, 126205212119 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo” ditulis oleh Nur Fauzi Rahmawati, NIM 126205212119, pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Bahasa Indonesia, Perangkat Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum yang menekankan pada pentingnya pembelajaran aktif dan partisipatif yang berorientasi pada peserta didik sehingga memunginkan mereka untuk membangun pengetahuan melalui pengalaman yang nyata. Hal ini menunjukkan perlu adanya pendekatan baru dalam proses pembelajaran yaitu dengan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanan implementasi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo, (2) mendeskripsikan pelaksanaan implementasi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo, (3) mendeskripsikan evaluasi implemnetasi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari implementasi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), proses pembelajaran, dokumentasi madrasah berupa visi, misi, kurikulum, modul ajar, program tahunan, program semester, jurnal mengajar, buku catatan, dan presensi peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala madrasah, pendidik, peserta didik, proses pembelajaran di dalam kelas, dan jurnal-jurnal penelitian sebelumnya yang berasal dari internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan degan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V yaitu menentukan materi yang cocok untuk diimplementasikan dengan model ini, kemudian pendidik menyiapkan modul ajar, media pembelajaran, dan sumber belajar. Tidak hanya pendidik, madrasah perlu menyiapkan sarana dan prasarana, SDM, manajerial dan monitoring yang dilakukan oleh kepala madrasah. (2) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V diawali dengan pendidik memberikan penjelasan terkait dengan materi kepada apeserta didik, kemudian membagi peserta didik dalam bentuk kelompok, dan peserta didik mempresentasikan hasil diskusi bersama kelompoknya di depan kelas. (3) Evaluasi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V dilakukan pendidik meliputi proses penilaian terharap sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, selain itu pendidik juga memberikan pertanyaan secara lisan kepada peserta didik di akhir pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212119 NUR FAUZI RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:38
Last Modified: 18 Jun 2025 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58278

Actions (login required)

View Item View Item