USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MELALUI METODE DRILL DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR

MOHAMMAD ZAINUR, 2811133184 (2017) USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MELALUI METODE DRILL DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Usaha Guru dalam meningkatkan Kemampuan Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa melalui Metode Drill di MAN Kunir Wonodadi Blitar”, ini ditulis oleh Muhammad ZainurFakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh H. Masduki, M.Ag Kata Kunci: Usaha, Kemampuan, Metode Drill Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi fakta yang terjadi yaitu menguasai al-Qur’an Hadits membutuhkan proses yang tidak singkat. Dibutuhkan waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun agar seseorang bisa membaca al-Qur’an Hadits. Kondisi semacam ini telah menumbuhkan inisiatif dan pemikiran dari para ulama untuk menciptakan sebuah metode yang dapat mempercepat proses penguasaan kemampuan belajar Al-Qur’an Hadits Siswa. Fokus Penelitiannya adalah 1) Bagaimana usaha guru dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca al-Qur’an Hadits melalui Metode Drill di MAN Kunir? 2) Bagaimana usaha guru dalam meningkatkan kemampuan belajar menulis al-Qur’an Hadits melalui Metode Drill di MAN Kunir? 3) Bagaimana usaha guru dalam meningkatkan kemampuan belajar menghafal al-Qur’an Hadits melalui Metode Drill di MAN Kunir? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukanperpanjangankehadiran, triangulasi, pembahasantemansejawatdanklarifikasidenganinforman. Hasil penelitiannya adalah 1) Usaha yang dilakukan guru Al-Qur’an Haditsdalammeningkatkankemampuanmembacadenganmemakaimetodedrilldenganjalan: a) siswa haru smengetahui pengetahuan membaca al-Qur’an, b) guru menekankan pada ketrampilan tahqiq yaitu membaca dengan memberikan hak-hak setiap huruf secara tegas, jelas, teliti, seperti memanjangkan mad, menegaskan hamzah, menyempurnakan harakat, melepaskan huruf secara tartil, pelan-pelan memperhatikan panjang pendek, waqaf dan ibtida` tanpa melepas huruf hal ini penting dilakukan mengingat nanti kalau lulus harus bisa langsung terjun kemasyarakat, c) membaca al-qur’an dengan tartil yang biasanya dibaca secara perlahan-perlahan dan benar sesuai dengan makhraj dan sifat-sifatnya sebagaimana yang dijelaskan dalam ilmu tajwid. 2) Usaha yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan menulis dengan memakai metode drill dengan jalan: a) Kegiatan pembelajaran guru senantiasa menenkankan pada untuk terlebih dahulu mengenal, memahami dan menulis huruf hijaiyah dengan benar sesuai dengan ketentuan, b) menulis dilakukan secara berulang-ulang siswa mempraktekkan dan guru menyuruhnya untuk praktek menulis dipapan tulis, yang memang terkesan kembali lagi seperti belajar menulis pemula, tapi hal ini sangat menyenangkan karena kualitas penulisan huruf hijaiyah akan lebih baik, c) menganjurkan pada siswa untuk menjaga supaya tidak salah membaca Al-Qur’an menurut ilmu tajwidnya, tentang panjang atau pendeknya, tebal tipisnya, dengung dan tidaknya, koma dan titiknya. 3) Usaha guru dalam meningkatkan kemampuan belajar menghafal al-Qur’an Hadits melalui metode drill di MAN Kunir adalah dengan jalan: usaha guru dalam meningkatkan kemampuan belajar menghafal al-Qur’an Hadits melalui Metode Drill di MAN Kunir adalah dengan jalan: a) dimulai dengan salam, membaca dan mengulang pelajaran sebelumnya. b) guru menggunakan metode drill yaitu dengan cara, memberi contoh melafalkan surat-surat pendek sesuai materi hari itu, kemudian peserta didik menirukan pelafalan surat-surat pendek tersebut dengan berkelompok atau individu, setelah itu peserta didik saya suruh maju bergantian melafalkan secara individu/ berkelompok, pada tahap inti terakhir peserta didik satu persatu saya suruh hafalan materi surat pendek tersebut dengan fasih dan benar. c) guru mengulang pelafalan materi surat pendek secara klasikal yang diikuti oleh peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133184 MOHAMMAD ZAINUR
Date Deposited: 22 Aug 2017 01:18
Last Modified: 22 Aug 2017 01:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item