PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI DI KELAS IV SDI BAYANUL AZHAR

RISKA DWI ANGGRAINI, 126205212179 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI DI KELAS IV SDI BAYANUL AZHAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Bentuk Energi di Kelas IV SDI Bayanul Azhar” ini ditulis oleh Riska Dwi Anggraini, NIM. 126205212179, dengan pembimbing Dr. Moh Arif, M.Pd. Kata Kunci: Word Square, Berpikir Kritis, Perubahan Bentuk Energi. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sesuai tahap perkembangan mereka, namun pembelajaran yang masih berpusat pada guru menghambat kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif seperti word square, yang tidak hanya menarik tetapi juga melatih ketelitian dan berpikir kritis siswa. Dalam pembelajaran IPAS, khususnya materi perubahan bentuk energi, metode ceramah yang dominan menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui desain pengembangan media pembelajaran word square untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada meteri perubahan bentuk energi di kelas IV SDI Bayanul Azhar (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran word square untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada meteri perubahan bentuk energi di kelas IV SDI Bayanul Azhar, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran word square pada materi perubahan bentuk energi di kelas IV SDI Bayanul Azhar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis dari penelitian ini menggunakan data kuanitatif yang berupa skor nilai dari validator, nilai respon guru, nilai respon siswa terhadap media pembelajaran word square yang berupa nilai angket. Data kualitatif berupa dokumentasi dan aspek penilaian angket ahli materi, ahli media, respon guru, dan respon siswa. Sedangkan data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes yang dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran word square untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi perubahan bentuk energi. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan analisis kurikulum, media, materi, serta kebutuhan siswa. Tahap perancangan melibatkan pembuatan desain Storyboard media word square. Tahap pengembangan menghasilkan produk jadi yang divalidasi oleh ahli. Tahap implementasi dilakukan melalui uji coba pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran engan memberikan angket. Tahap Evaluasi akan diketahui kelemahan dan kelebihan media yang dikembangkan. (2) Kelayakan media pembelajaran word square dapat dilihat dari 3 aspek yaitu dari ahli media, ahli materi, respon guru dan implementasi produk. Hasil data validasi ahli media diperoleh hasil skor sebesar 3,91 dengan tingkat kelayakan yang “Layak”. Hasil data validasi ahli materi diperoleh hasil skor sebesar 3,86 dengan tingkat kelayakan yang “Layak”. Hasil respon guru kelas IV mendapatkan skor sebesar 3,6 dengan tingkat kelayakan “Layak”. Dan hasil implementasi produk di ukur dari hasil pretest dan posttest pada 24 siswa mendapatkan hasil rata-rata 50,6 dan 91,6. dapat diketahui bahwa nilai posttes lebih tinggi dari pada pretest jadi dinilai “Layak” dengan tingkat kelayakan “Sangat Tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran word square layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan bentuk energi. (3) Respon siswa terhadap produk yang dikembangkan dapat diketahui melalui hasil angket respon siswa dengan jumlah 24 siswa. Hasil respon siswa dapat diketahui nilai rata-rata keseluruhan dari siswa adalah 3,89 dengan tingkat kelayakan “Layak”. Media word square terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Guru dapat memanfaatkan media ini sebagai alternatif yang lebih interaktif agar siswa lebih aktif dan memahami materi dengan lebih baik. Penelitian selanjutnya bisa mengembangkan word square dengan variasi yang lebih inovatif, seperti berbasis digital, agar semakin menarik dan efektif dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212179 RISKA DWI ANGGRAINI
Date Deposited: 23 Jun 2025 05:16
Last Modified: 23 Jun 2025 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58358

Actions (login required)

View Item View Item