AULIA FARKHATUL MAULIDA, 126201213236 (2025) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (839kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2024/2025” ini ditulis oleh Aulia Farkhatul Maulida, NIM 126201213236. Program Studi Pendidikan Agma Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Pd.I. NIP. 196710291994031004. Kata kunci: Implementasi, Model Cooperative Learning, Pembelajaran Al Qur’an Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman mengenai Al Qur’an dan Al-Hadits di jenjang sekolah menegah karena model pembelajaran yang kurang bervariasi. Maka madrasah harus mengembangkan inovasi dan kreativitas model pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sehingga hal ini ditindak lanjuti oleh Madrasah Tsaanwiyah Negeri 2 Tulungagung dalam peningkatan standart mutu pendidikan guna memudahkan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung dan diharapkan dapat menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga dapat menanamkan nilai nilai karakter dikehidupan sehari hari. Fokus penelitian skripsi ini adalah implementai model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Masrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung, yang tertuang dalam pertanyaan penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana konsep implementasi model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi implementasi model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mendeskripsikan konsep implementasi model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. (2) Menganalisis pelaksanaan implementasi model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. (3) Mengevaluasi implementasi model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan memberikan laporan analisa data secara deskripif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: (1) konsep atau perencanaan implementasi model cooperative learning dilakukan dengan beberapa persiapan antara lain menentukan tujuan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan xvii madrasah, persiapan rancangan atau modul pembelajaran, serta persiapan sarana dan prasarana pembelajaran. (2) penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dilakukan melalui beberapa tahapan utama, yaitu pembagian kelompok, kerja sama dalam penyelesaian tugas, dan pelaksanaan presentasi hasil diskusi dan pendidik berperan penting selama proses pembelajaran sebagai fasilitator, mentor, dan motivator. (3) evaluasi implementasi model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist menggunakan instrument penilaian yang meliputi lembar kerja siswa, kuis, soal soal ujian tertulis, lembar observasi untuk sikap dan rubrik penilaian presentasi. Dan hasil ini menyatakan bahwa model cooperative learning dapat meningkatkan motivasi, sosial, dan peningkatan pengetahuan kognitif pada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213236 AULIA FARKHATUL MAULIDA |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:05 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |