PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK

ULI SYAQIYA, 126209211050 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek" Ini ditulis oleh Uli Syaqiya, NIM. 126209211050, Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd., NIP. 196602101985031001. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Psikomotorik Penelitian ini berlatar belakang dari suasana dan keadaan kelas di MTs Darissulaimaniyyah pada saat pembelajaran yang cenderung pasif. Siswa beranggapan bahwa pelajaran IPS yang berlangsung di kelas selalu menjadi pelajaran yang membosankan dan sulit bagi siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar mereka. Siswa yang memiliki nilai hasil belajar yang rendah cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah yang diperoleh penulis adalah (1) Bagaimana pengaruh metode pengaruh pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar aspek kognitif kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek. (2) Bagaimana pengaruh metode pengaruh pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar aspek psikomotorik kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek. (3) Bagaimana pengaruh metode pengaruh pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar aspek afektif kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek. Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan durenan Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa aspek afektif mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan durenan Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa aspek psikomotorik mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian kuantitatif yang dipakai ialah eksperimen (Quasy Experimental Design) dan desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0.05 maka Ho ditolak H1 diterima. (2) Metode pembelajaran outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek afektif mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0.05 maka Ho ditolak H1 diterima. (3) Metode pembelajaran outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek psikomotorik mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0.05 maka Ho ditolak H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211050 ULI SYAQIYA
Date Deposited: 23 Jun 2025 09:06
Last Modified: 23 Jun 2025 09:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58452

Actions (login required)

View Item View Item