HIDAYAT AMRONI, 126208211015 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT (Numbered Head Together) MELALUI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 2 TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together) Melalui Metode Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk” ini ditulis oleh Hidayat Amroni, NIM.126208211015, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together, tutor sebaya, keaktifan belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa terlihat pasif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga kurang memperhatikan dan terlihat bosan saat pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup. Selain hal tersebut siswa juga tampak enggan bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan, siswa lebih banyak bertanya kepada teman sebayanya serta siswa kurang memiliki rasa tanggung jawab saat tugas kelompok. Selain dalam proses pembelajaran, nilai harian siswa atau hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup masih tergolong rendah yaitu dibawah Kriteria ketercapaian yakni 70. Hal ini disebabkan pemilihan model pembelajaran belum maksimal dan terkesan monoton dengan metode ceramah dan diskusi sederhana. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya yang mana model ini cocok untuk mendorong siswa lebih aktif dan menciptakan interaksi siswa yang menyenangkan, nyaman, dan dapat melatih rasa tanggung jawab siswa, serta tentunya dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya terhadap keaktifan belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design atau eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk dengan jumlah 288 siswa. Sampel yang diambil yaitu siswa kelas VII-3 (kelas eksperimen) yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-1 (kelas kontrol) yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan pengumpulan data dilaksanakan uji instrumen pada lembar observasi dan soal tes hasil belajar yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian, analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji independent sample t-test dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukan (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya terhadap keaktifan belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk dengan dibuktikan dengan uji independent sample t-test yang menunjukan nilai sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk dengan dibuktikan dengan uji independent sample t-test yang menunjukan nilai sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT(Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk dengan dibuktikan dengan uji Multivariate of Variance (MANOVA) yang menunjukan nilai sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) melalui metode tutor sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPN 2 Tanjunganom Nganjuk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211015 HIDAYAT AMRONI |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 13:59 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 13:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |