PENGARUH KESADARAN HALAL, PENGETAHUAN PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MAKANAN HALAL PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KEDIRI

MOHAMAD IMANNUDIN JAFAR, 126402213238 (2025) PENGARUH KESADARAN HALAL, PENGETAHUAN PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MAKANAN HALAL PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ―Pengaruh Kesadaran Halal, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Makanan Halal pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kediri‖ ini ditulis oleh Mohamad Imannudin Jafar, NIM. 126402213238, dengan pembimbing Ibu Wahyu Dwi Warsitasari, M.Pd. Kata Kunci: kesadaran halal, pengetahuan produk, religiusitas, minat beli dan makanan halal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat beli konsumen yang cenderung berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dapat memungkinkan munculnya minat pembelian terhadap suatu produk yang tinggi, akan tetapi unsur kehalalannya masih belum jelas atau belum bersertifikasi halal khususnya pada produk makanan yang diproduksi oleh pelaku UMKM di Kabupaten Kediri. Objek dari penelitian ini adalah penduduk muslim di Kabupaten Kediri yang berjumlah 1.633.185 jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kesadaran Halal, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Makanan Halal Pada UMKM di Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengukuran dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel Kesadaran Halal (X1), Pengetahuan Produk (X2) dan Religiusitas (X3) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh siginifikan terhadap variabel Minat Beli (Y) makanan halal pada UMKM di Kabupaten Kediri. Untuk pengaruh secara parsial atau individu, menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Halal (X1) dan Pengetahuan Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y) makanan halal pada UMKM di Kabupaten Kediri. Sedangkan variabel Religiusitas (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y) makanan halal pada UMKM di Kabupaten Kediri. Sementara itu, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,668 yang artinya pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 66,8%, sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213238 MOHAMAD IMANNUDIN JAFAR
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:38
Last Modified: 30 Jun 2025 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58527

Actions (login required)

View Item View Item