DUWI RETNOPUSPITA, 126201212161 (2025) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul "Komunikasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Tulungagung. Ini ditulis oleh Duwi Retnopuspita, NIM 126201212161, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam pendidikan, komunikasi yang efektif antara guru dan siswa sangat penting untuk pemahaman materi dan keterlibatan siswa. Perkembangan teknologi informasi mengubah metode penyampaian materi, sehingga guru perlu menggunakan berbagai strategi komunikasi, baik verbal maupun non-verbal, agar siswa lebih tertarik. Namun, tantangan seperti perbedaan minat siswa dan cara penyampaian yang kurang menarik masih tetap ada. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini (1) Bagaimana komunikasi verbal pembelajaran dalam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 6 Tulungagung. (2) Bagaimana komunikasi non -verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 6 Tulungagung. (3) Bagaimana faktor penghambat komunikasi verbal dan non-verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 6 Tulungagung. Pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi. teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, kesahihan internal, ketekunan pengamat. Hasil penelitian tentang komunikasi pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 menunjukkan bahwa komunikasi verbal dapat berperan penting dengan penggunaan bahasa yang baik (Qaulan Ma’rufa), perkataan yang benar (Qaulan Syadidan), serta bahasa yang mudah dipahami (Qaulan Maisura) dan membekas di ingatan (Qaulan Baligha). Selain itu, kejelasan bahasa (clarity), pengulangan, humor, dan motivasi juga diutarakan sebagai faktor penting. Penggunaan bahasa daerah, seperti bahasa Jawa Kromo, serta komunikasi verbal tulisan melalui papan tulis dan buku modul turut berkontribusi. Di sisi lain, komunikasi non-verbal yang efektif mencakup keteladanan guru, pembiasaan, sikap respect, dan penekanan suara yang lemah lembut. Namun, terdapat faktor penghambat seperti emosi guru akibat masalah di luar sekolah, pekerjaan yang menumpuk, dan siswa yang terfokus pada dunianya sendiri. Media komunikasi yang kurang mendukung juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212161 DUWI RETNOPUSPITA |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:44 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |