ANALISIS PERSEPSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI PODOREJO TULUNGAGUNG

FAIQOTUL HIMMAH, 126205213202 (2025) ANALISIS PERSEPSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI PODOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Podorejo Tulungagung” ini ditulis oleh Faiqotul Himmah, NIM. 126205213202, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Persepsi, Implementasi, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatar belakangi dengan perubahan kurikulum, dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Darurat menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka sebagai bentuk penyempurnaan dari Kurikulum 2013, tentunya mendapatkan ragam tanggapan dari para guru, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Kurikulum Merdeka ini masih cenderung baru bagi guru dan peserta didik, terkait pelaksanaan Kurikulum Merdeka masih banyak guru yang bingung dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Cara pandang guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka ini mempengaruhi seberapa baik program pembelajaran dilaksanakan di MI Podorejo Tulungangung. Maka, peneliti meneliti lebih dalam mengenai persepsi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep implementasi Kurikulum Merdeka di MI Podorejo Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MI Podorejo Tulungagung? (3) Apa saja hambatan dan solusi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep, peran guru, dan hambatan yang terjadi serta solusi dalam mengatasi hambatan tersebut dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertempat pada MI Podorejo Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi Kurikulum Merdeka di MI Podorejo Tulungagung sudah terlaksana dengan baik. Konsep Kurikulum Merdeka di MI Podorejo Tulungagung yaitu memberikan kebebasan kepada sekolah, guru, dan peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Sebelum pelaksanaan Kurikulum Merdeka kepala sekola beserta guru-guru mengikuti pelatihan Kurikulum Merdeka. (2) Pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka juga tidak jauh dari adanya peran guru yaitu sebagai fasilitator dan motivator dalam kelas. (3) Meskipun pembelajaran berjalan dapat berjalan dengan lancar, tidak dapat dipungkiri pastinya terdapat hambatan yang terjadi sehingga sekolah juga merencanakan untuk mengatasi hambatan tersebut dengan berusaha memberikan fasilitas yang maksimal kepada guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213202 FAIQOTUL HIMMAH
Date Deposited: 25 Jun 2025 21:16
Last Modified: 25 Jun 2025 21:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58576

Actions (login required)

View Item View Item