PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DEWI PUJI BADI'UL FITRIYAH, 126205213200 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Dewi Puji Badi’ul Fitriyah, 126205213200. Dosen pembimbing skripsi Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci : Model pembelajaran word square, hasil belajar, peserta didik kelas IV Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menggunakan model pembelajaran yang efektif dan menarik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada proses pembelajaran diharapkan tidak terpaku pada guru saja melainkan keaktifan, melatih ketelitian, berpikir kritis, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar al-qur’an hadis peserta didik kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol ?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh atau tidaknya perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model pembelajaran word square. Penelitian ini dilaksanakan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-experimental One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes pretest dan posttest berupa pilihan ganda (multiple choice). Analisis data dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Paired Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi 5% yaitu 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213200 DEWI PUJI BADI'UL FITRIYAH
Date Deposited: 25 Jun 2025 21:58
Last Modified: 25 Jun 2025 21:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58580

Actions (login required)

View Item View Item