DEWI PUJI BADI'UL FITRIYAH, 126205213200 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Dewi Puji Badi’ul Fitriyah, 126205213200. Dosen pembimbing skripsi Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci : Model pembelajaran word square, hasil belajar, peserta didik kelas IV Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menggunakan model pembelajaran yang efektif dan menarik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada proses pembelajaran diharapkan tidak terpaku pada guru saja melainkan keaktifan, melatih ketelitian, berpikir kritis, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar al-qur’an hadis peserta didik kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol ?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh atau tidaknya perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model pembelajaran word square. Penelitian ini dilaksanakan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-experimental One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes pretest dan posttest berupa pilihan ganda (multiple choice). Analisis data dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Paired Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi 5% yaitu 0.000 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205213200 DEWI PUJI BADI'UL FITRIYAH |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 21:58 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 21:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |