UPAYA GURU TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA Al-QUR’AN PADA SANTRI DI TPQ MANBAUN NAJA DESA BACEM KECAMATAN SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR

MILA BINURILLAH, 126201212175 (2025) UPAYA GURU TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA Al-QUR’AN PADA SANTRI DI TPQ MANBAUN NAJA DESA BACEM KECAMATAN SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an pada Santri di TPQ Manbaun Naja Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Mila Binurillah, NIM. 126201212175, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Upaya Guru, kelancaran, kefasihan, membaca Al-Qur’an. Konteks penelitian ini bahwasannya fenomena generasi muda yang masih belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Kebanyakan dari mereka yang hanya mampu membaca huruf-huruf Arab tanpa memahami tajwid dengan baik. Mereka mungkin bisa membaca teks Al-Qur’an, namun kualitas bacaan mereka masih jauh dari standar yang diharapkan. Banyak kesalahan dalam hal pelafalan huruf (makhraj), panjang pendek bacaan (mad), serta pengucapan yang sesuai dengan aturan tajwid. Berawal dari hal tersebut maka peneliti merumuskan fokus penelitian skripsi ini yaitu, 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur'an pada santri di TPQ Manbaun Naja Bacem Sutojayan Blitar? 2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur'an pada santri di TPQ Manbaun Naja Bacem Sutojayan Blitar? 3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid pada santri di TPQ Manbaun Naja Bacem Sutojayan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Upaya guru dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an adalah menggunakan metode yang tepat, guru TPQ Manbaun Naja menggunakan metode sorogan dan pembiasaan membaca dan menghafal surah-surah pilihan. Guru juga bertindak sebagai motivator dan evaluator bagi santri. 2) Upaya guru dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Quran adalah melalui pembelajaran makharijul huruf, menggunakan metode demonstrasi, guru juga berperan sebagai pembimbing dengan selalu menyimak bacaan Al-Qur’an santri. 3) Upaya guru dalam meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid adalah dengan memberikan pengajaran terkait ilmu tajwid dengan menggunakan metode ceramah dan latihan, guru juga bertindak sebagai evaluator dan fasiliator menyediakan buku khusus ilmu tajwid untuk santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212175 MILA BINURILLAH
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:21
Last Modified: 30 Jun 2025 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58639

Actions (login required)

View Item View Item