KETERAMPILAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BELAJAR CALISTUNG (BACA, TULIS DAN HITUNG) SISWA KELAS 1 DI MIN 3 TULUNGAGUNG

SITI LAILATUL UYUNI, 126205211072 (2025) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BELAJAR CALISTUNG (BACA, TULIS DAN HITUNG) SISWA KELAS 1 DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Konteks penelitian dalam skripsi ini membahas sebuah fenomena keterampilan guru berupa kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh seorang pendidik untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam proses pembelajaran. Membaca, menulis dan berhitung merupakan langkah awal dalam proses belajar yang wajib dimiliki setiap peserta didik.Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan belajar membaca siswa kelas 1 di MIN 3 Tulungagung ? (2) Bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan belajar menulis siswa kelas 1 di MIN 3 Tulungagung ? (3) Bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan belajar berhitung siswa kelas 1 di MIN 3 Tulungagung ?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), diskusi teman sejawat. Hasil penelitian : (1) keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan belajar membaca melalui keterampilan mengelola kelas berupa penataan tempat duduk model U dan model rolling (bergilir), keterampilan mengadakan variasi berupa variasi teknik membaca secara bergantian didepan dan membaca secara menyambung, media teks bacaan dari kertas, buku cerita, tempelan huruf alfabet, kartu huruf dan metode mengeja, bunyi, suku kata, keterampilan memberi penguatan berupa memberi motivasi, memberi ungkapan atau kata-kata semangat, memberi hadiah atau reward, keterampilan menjelaskan berupa menjelaskan secara sederhana dan jelas melalui kartu huruf sambil bernyanyi, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, melalui membaca buku LKS atau teks bacaan sebelum KBM dimulai, memberikan penguatan dan memberikan tugas membaca. (2) keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan belajar menulis melalui keterampilan mengelola kelas berupa penataan tempat duduk model U dan model rolling (bergilir), keterampilan memberi penguatan berupa memberi motivasi, memberi reward atau hadiah, memberi ungkapan atau kata semangat dan memberi dampingan atau bimbingan menulis secara personal, keterampilan mengadakan variasi berupa variasi teknik penulisan huruf dibuku halus, metode dekte dan meringkas teks bacaan dan strategi memberi perhatian dan pendampingan khusus, keterampilan perorangan dan kelompok kecil dengan mendikte dan memberikan pendampingan. (3) keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan belajar berhitung melalui keterampilan memberi penguatan berupa memberikan motivasi, memberikan hadiah atau reward berupa nilai dan barang, memberi tepuk tangan, memberikan ungkapan atau kata-kata semangat dan memberi dampingan atau bimbingan berhitung secara personal, keterampilan mengadakan variasi berupa variasi media kartu angka, kelereng, kerikil dan tusuk gigi, metode bernyanyi, permainan sambung angka, keterampilan bertanya berupa tanya jawab secara sederhana, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, melalui membentuk diskusi kelompok dengan menghitung mundur dan mengurutkan angka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211072 SITI LAILATUL UYUNI
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:24
Last Modified: 30 Jun 2025 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58641

Actions (login required)

View Item View Item