PENGALAMAN DISIPLIN SISWA SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

NAHDIATUR ROSIDAH, 126306201032 (2024) PENGALAMAN DISIPLIN SISWA SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengalaman Disiplin Siswa SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung”. Ditulis oleh Nahdiatur Rosidah dengan NIM 126306201032, Dosen Pembimbing Fionna Christabella, M.A. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Faktultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dialami siswa menurut Ibu SY kedisiplinan SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung masih rendah. Beberapa pengalaman disiplin seperti terlambat datang, tidur di kelas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, membolos dan berpakaian tidak sesuai dengan aturan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengalaman disiplin siswa SMP Negeri Ngantru Tulungagung. Dalam hal ini penulisan menggunakan metode kualitatif, dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian subjek dari penelitian ini ialah lima siswa perwakilan dari kelas tujuh hingga sembilan. Berdasarkan hasil pembahasan diatas maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pengalaman disiplin siswa SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung menunjukkan banyak siswa masih melanggar kepatuhan dalam proses belajar mengajar, mengabaikan pelajaran dan lebih mengutamakan interaksi dengan teman sebaya dari pada mencatat. Interaksi di kelas sangat penting untuk menyampaikan materi dan tujuan belajar mengajar, tetapi masih banyak siswa mengabaikan. Kepatuhan pada tata tertib didapatkan siswa masih sering lalai dalam ketaatan. Beberapa hal yang termasuk adala terlambat, tidak memakai seragam lengkap, tidak hadir di kelas, makan di kelas, serta memakai seragam dengan rapi. Kurangnya kepatuhan terhadap peraturan sekolah ini, ditambah dengan kesulitan dalam manajemen waktu, mengakibatkan masalah seperti keterlambatan dan pakaian yang tidak rapi, yang pada akhirnya mengakibatkan kurangnya ketertiban dan disiplin yang diharapkan dalam lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pengalaman Disiplin, Siswa SMP

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201032 NAHDIATUR ROSIDAH
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:36
Last Modified: 30 Jun 2025 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58693

Actions (login required)

View Item View Item