MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

TSABITA AULYA PUTRI, 126207211045 (2025) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Program Ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Tsabita Aulya Putri, NIM 126207211045, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S. Ag., M. Pd. NIP. 197605182007012021. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Pengembangan Minat dan Bakat, Ekstrakurikuler, Rendahnya partisipasi sebagian siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, serta masih ditemukannya siswa yang masih malas dalam mengikuti ekstrakurikuler. Padahal, kegaiatan ekstrakurikuler bagian dari mempersiapkan diri di masa depan, bukan hanya untuk meraih prestasi, tetapi juga untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat. Dalam hal ini manajemen peserta didik mampu memberikan layanan sebaik-baiknya melalui berbagai kegiatan sebagai pengembangan minat dan bakat siswa. Fokus masalah pada penelitian ini adalah fokus (1) Rekrutmen peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung (2) Seleksi peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung (3) Penempatan peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan rekrutmen peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung, (2) Mendeskripsikan seleksi peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung, (3) Mendeskripsikan penempatan peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berasal dari kepala madrasah, waka kesiswaan, koordinator ekstrakurikuler, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles and Huberman, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Rekrutmen peserta didik dilakukan dengan melalui PPDBM, jalur undangan, dan jalur prestasi bagi siapa saja calon peserta didik yang mempunyai prestasi bisa masuk kejalur tersebut, kemudian peserta didik mengisi angket yang berisi data ekstrakurikuler yang dimintai sehingga siswa dapat memilih ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakatnya. (2) Seleksi peserta didik sepenuhnya dilakukan oleh pelatih setiap ekskul. Pada proses tes masuk pelatih atau guru melakukan tes akademik untuk mengetahui bakat terpendam peserta didik, karena tahap seleksi akademik adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan calon akademik (3) Penempatan peserta didik dilakukan melalui pengelompokan prestasi dan minat dan bakat. Pengelompokan prestasi adalah pengelompokan yang didasarkan pada prestasi siswa, sedangkan pengelompokan minat dan bakat adalah pengelompokan yang didasarkan pada kemampuan, bakat, dan minat peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211045 TSABITA AULYA PUTRI
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:37
Last Modified: 01 Jul 2025 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58722

Actions (login required)

View Item View Item