MUHAMMAD FARID ZUBAIDI, 126201212140 (2025) IMPLEMENTASI ASESMEN FORMATIF BENTUK DEBAT AKTIF DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Asesmen Formatif Bentuk Debat Aktif dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Farid Zubaidi, NIM.126201212140, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci : Asesmen Formatif, Debat Aktif, Rasa Percaya Diri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa percaya diri peserta didik yang mampu memberikan dorongan positif kepada mereka untuk melatih dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Apabila peserta didik mendapatkan bimbingan dan arahan yang tepat dan didasari oleh kemauan untuk menumbuhkan rasa percaya diri maka mereka akan dengan mudah menggapai prestasi dan kesuksesan. Bentuk bimbingan dan arahan yang diberikan pendidik dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik dapat disalurkan melalui pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran bermakna, maka dari itu diperlukan bentuk pembelajaran yang dapat membantu peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perancanaan asesmen formatif dengan bentuk debat aktif dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek? 2) Bagaimana pelaksanaan asesmen formatif dengan bentuk debat aktif dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek? 3) Bagaimana implikasi asesmen formatif dengan bentuk debat aktif dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perancanaan asesmen formatif dengan bentuk debat aktif dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan asesmen formatif dengan bentuk debat aktif dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek. 3) Mendeskripsikan implikasi asesmen formatif dengan bentuk debat aktif dalam menanamkan rasa percaya diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Trenggalek, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian data, data yang digali berdasakan data primer dan data sekunder dan dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Dalam tahap perencanaan untuk menyesuaikan bentuk pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik, pendidik diberi keleluasaan mengkreasikan bentuk pembelajarannya sehingga akan diperoleh inovasi-inovasi baru pada bentuk pembelajaran seiring perkembangan teknologi dan didukung oleh sarana prasarana yang memadai, melalui asesmen dengan latar belakang praktik seperti asesmen formatif bentuk debat aktif peserta didik akan terlibat secara langsung dalam proses pembelajarannya. 2) Pada pelakasanaan asesmen formatif bentuk debat aktif guru bertindak sebagai fasilitator dalam menciptakan lingkungan belajar yang mampu mengoptimalkan potensi peserta didik, asesmen fomatif bentuk debat aktif mampu mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Pemberian reward atau apresiasi kepada peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar. Agar peserta didik mampu memperbaiki kekurangan dan meningkatkan pemahaman terhadap materi, guru dapat memberikan umpan balik berupa data atau informasi mengenai motivasi belajar peserta didik. 3) Implikasi dari asesmen formatif bentuk debat aktif yaitu mampu memberikan dampak positif bagi peserta didik diantaranya pembelajaran lebih bermakna, aktif dalam pembelajaran, pencapaian potensi diri secara maksimal, motivasi belajar yang tinggi dan prestasi akademik maupun non akademik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Kebudayaan Islam Pendidikan Perbandingan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212140 MUHAMMAD FARID ZUBAIDI |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |