INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 10 BLITAR

RIZQI FIKRIYYAN SHULHA, 126201212092 (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rizqi Fikriyyan Shulha, 126201212092, 2025. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs Negeri 10 Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, M.Pd..I. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai agama Islam secara mendalam kepada peserta didik guna membentuk karakter dan akhlak yang mulia di tengah tantangan era globalisasi yang mempengaruhi perilaku generasi muda. MTs Negeri 10 Blitar sebagai lembaga pendidikan Islam berupaya menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui pembiasaan, keteladanan, dan lingkungan yang kondusif demi terbentuknya akhlakul karimah pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses transformasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik; (2) Bagaimana proses transaksi nilai-nilai tersebut; dan (3) Bagaimana proses transinternalisasi nilai-nilai tersebut pada diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 10 Blitar dilakukan secara bertahap. Transformasi nilai terjadi melalui sosialisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran dan budaya madrasah. Transaksi nilai dilakukan melalui interaksi dua arah antara guru dan siswa dalam proses belajar, nasihat, dan pembiasaan. Sedangkan transinternalisasi nilai tampak dalam perilaku siswa yang menunjukkan peningkatan akhlakul karimah, seperti disiplin, sopan santun, dan kebiasaan ibadah, yang tumbuh melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru serta lingkungan madrasah yang mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212092 RIZQI FIKRIYYAN SHULHA
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:46
Last Modified: 02 Jul 2025 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58806

Actions (login required)

View Item View Item