PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 10 BLITAR PADA MATERI BANGUN RUANG

DINI YUSTIA RINI, 126204212089 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 10 BLITAR PADA MATERI BANGUN RUANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Leaflet Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs Negeri 10 Blitar Pada Materi Bangun Ruang”, ini ditulis oleh Dini Yustia Rini, NIM 126204212089, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Farid Imroatus Sholihah, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Think Pair Share, Leaflet, motivasi, kemampuan pemecahan masalah matematisPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi bangun ruang dapat menghambat standar proses yang termuat dalam pembelajaran matematika. Hal ini diakibatkan oleh proses pembelajaran yang didesain guru cenderung deduktif. Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Leaflet digunakan sebagai solusi dari permasalahan ini. Kelebihan yang dimiliki model Think Pair Share dapat memberikan variasi dalam melakukan proses pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan dapat meningkatkan jiwa sosial siswa, seperti berempati, toleransi, dan sportif. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Leaflet terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri 10 Blitar pada materi bangun ruang (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Leaflet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Negeri 10 Blitar pada materi bangun ruang (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Leaflet terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Negeri 10 Blitar pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian QuasiEksperimental Desaign dengan desain penelitian tipe Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 10 Blitar yang berjumlah 103 siswa dengan seluruh kelas berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Leaflet terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri 10 Blitar pada materi bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji mann-whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed)/2 = 0,002/2 = xviii0,001 <

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212089 DINI YUSTIA RINI
Date Deposited: 10 Jul 2025 05:24
Last Modified: 10 Jul 2025 05:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58827

Actions (login required)

View Item View Item