PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KECAKAPAN DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

WAHYU WIDIYAWATI, 126205212134 (2025) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KECAKAPAN DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Peningkatan Kecakapan Disposisi Produktif Siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Wahyu Widiyawati, NIM. 126205212134, dengan pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME), Disposisi Produktif. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Peningkatan Kecakapan Disposisi Produktif Siswa. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa pada mata pelajaran matematika karena guru masih menggunakan pendekatan atau metode pembelajaran konvensional yang monoton dan kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang termotivasi dan kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap peningkatan kecakapan disposisi produktif siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang. (2) Untuk menguji pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap peningkatan kecakapan disposisi produktif siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah kelas V-A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terbukti dalam meningkatkan kecakapan disposisi produktif siswa dengan peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Siswa sangat antusisas ketika menggunakan media pembelajaran konkret pada saat proses belajar. (2) Penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terbukti berpengaruh dalam peningkatan kecakapan disposisi produktif siswa kelas V, dengan Ha diterima dan Ho ditolak yang diajukan karena nilai signifikansi pada uji Independent Sample t-Test kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) secara signifikan dapat meningkatkan kecakapan disposisi produktif siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212134 WAHYU WIDIYAWATI
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:32
Last Modified: 02 Jul 2025 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58854

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item