ENERGI DZIKIR TAHLIL BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN NURANI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di SDIT Al Mubarok Kras Kediri)

SHEILA RIZKI FITRIANI, 126303212027 (2025) ENERGI DZIKIR TAHLIL BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN NURANI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di SDIT Al Mubarok Kras Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.PDF

Download (381kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Energi Dzikir Tahlil Bersama Untuk Meningkatkan Nurani Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDIT Al Mubarok Kras Kediri)” ini ditulis oleh Sheila Rizki Fitriani, NIM. 126303212027, dengan pembimbing Dr. Abduloh Safik,M.Fil.I. Kata Kunci: Dzikir Tahlil, Nurani, Anak Usia Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perkembangan moral dan agama pada anak usia sekolah dasar untuk membentuk moral yang kuat dan pemahaman spiritual yang mendalam. Usia sekolah dasar merupakan periode kritis di mana anak-anak mulai mengenal dan memahami konsep moralitas dan agama. Di SDIT Al Mubarok Kras Kediri, praktik dzikir bersama telah menjadi bagian integral dari kegiatan pembelajaran. Dzikir sebagai bentuk ibadah yang menghubungkan individu dengan tuhan, diyakini dapat memperkuat nurani anak. Melalui dzikir, anak-anak diajarkan untuk merenungkan nilai-nilai spiritual, meningkatkan kesadaran diri, dan mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap tindakan mereka. Kegiatan ini juga berfungsi untuk membangun kedamaian batin dan ketenangan jiwa, yang sangat penting dalam proses pembentukan nurani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dan implikasi dzikir tahlil bersama untuk meningkatkan nurani pada anak -anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Sumber data penelitian dalam wawancara mendalam adalah partisipan yang memiliki posisi atau kewenangan pada obyek penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya revolusi mental pada diri anak-anak setelah mengikuti kegiatan dzikir tahlil bersama, dimana mereka tidak hanya memahami nilai-nilai agama secara teoritis, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dzikir tahlil bersama memberikan pengalaman spiritual yang mendalam, yang mendorong anak-anak untuk berperilaku lebih baik dan lebih bertanggung jawab. Dengan rutin melaksanakan dzikir, anak-anak belajar untuk menghargai waktu, disiplin dalam beribadah, dan menunjukkan rasa hormat kepada orang tua serta guru, dari hal tersebut menunjukan adanya peningkatan nurani dalam diri anak-anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 126303212027 SHEILA RIZKI FITRIANI
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:53
Last Modified: 04 Jul 2025 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58896

Actions (login required)

View Item View Item