FAUDJIAH NUR KHAINI, 2814133067 (2017) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENGUBAH SOAL CERITA MENJADI MODEL MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (517kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (16kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (181kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Mengubah Soal Cerita menjadi Model Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Faudjiah Nur Khaini (2814133067) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran, Komunikasi matematis, Soal cerita. Proses pembelajaran matematika membutuhkan kemampuan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi dalam mengekspresikan bahasa matematika yang berupa simbol, gambar, grafik, maupun bentuk aljabar. Sehingga dapat mempermudah siswa untuk menyelesaikan suatu masalah yang diberikan oleh guru. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengubah soal cerita menjadi model matematika. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. (3) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan tes diikuti oleh 22 siswa dari kelas VIII C. Kemudian dipilih 6 siswa untuk diwawancarai yang terdiri dari 2 siswa dengan ranking tinggi, 2 siswa dengan ranking sedang, dan 2 siswa dengan ranking rendah. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa pada ranking tinggi menunjukkan bahwa siswa mampu menggunakan variabel untuk memisalkan apa yang diketahui dalam soal cerita, siswa mampu mengubah bahasa matematika menjadi model matematika, dan siswa mampu merefleksikan bahasa matematika yang terdapat dalam soal cerita. Kemampuan komunikasi matematis siswa pada ranking sedang menunjukkan bahwa siswa mampu menggunakan variabel untuk memisalkan apa yang diketahui dalam soal cerita, siswa mampu mengubah bahasa matematika menjadi model matematika, dan siswa belum mampu merefleksikan bahasa matematika yang terdapat dalam soal cerita. Kemampuan komunikasi matematis siswa pada ranking rendah menunjukkan bahwa siswa belum mampu menggunakan variabel untuk memisalkan apa yang diketahui dalam soal cerita, siswa belum mampu mengubah bahasa matematika menjadi model matematika, dan siswa belum mampu merefleksikan bahasa matematika yang terdapat dalam soal cerita.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133067 FAUDJIAH NUR KHAINI |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 07:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5902 |
Actions (login required)
View Item |