AYU YUNI ATIKOH, 126307212059 (2025) SEKOLAH ARAB IMAMI TAWANGSARI-TULUNGAGUNG 1952-1960. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Sekolah Arab Imami di Desa TawangsariTulungagung 1952-1960. Sekolah yang didirikan pada tahun 1952 oleh ustadz Sholeh sebagai lembaga pendidikan Islam berbasis madrasah yang mengajarkan ilmu pengetahuan Islam, tradisi budaya dan bahasa Arab sebagai bukti konkret dari perjalanan pendidikan Islam di desa Tawangsari-Tulungagung. Pada penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah Pertama, Bagaimana awal berdirinya Sekolah Arab Imami di Desa Tawangsari? Kedua, Apa saja faktorfaktor yang mempengaruhi perkembangan Sekolah Arab Imami di Desa Tawangsari antara tahun 1952 hingga 1960? Ketiga, Apa saja tantangan yang dihadapi oleh Sekolah Arab Imami di Desa Tawangsari selama periode 19521960?. Tujuan penelitian ini memberikan pengetahuan tentang sejarah, perkembangan dan tantangan yang dihadapi Sekolah Arab Imami sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kajian pendidikan Islam yang ada di Indonesia, serta menyoroti pentingnya lembaga pendidikan kecil di pedesaan yang sering kali terabaikan dalam narasi sejarah nasional. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri atas empaat tahapan metode penelitian heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini menghasilkan tiga sub bab diantaranya: Pertama, sejarah awal berdirinya Sekolah Arab Imami di desa Tawangsari tahun 1952. Kedua, perkembangan Sekolah Arab Imami mulai dari faktor internal dalam mengkaji perihal kurikulum yang mencangkup mata pelajaran dan guru, kegiatan akademik yang mencangkup tempat belajar dan metode belajar, kegiatan non akademik yang mencangkup pelantunan Sholawat Sholalahu, Oncoran (Takbir Keliling) dan Nonton pertunjukan (Film Sorot) serta faktor eksternal yaitu berupa dukungan sosial dari masyarakat. Ketiga, tantangan yang dihadapi hingga menyebabkan Sekolah Arab Imami terpaksa tutup. Kata kunci: Madrasah, Pendidikan Islam, Sekolah Arab Imami.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Sejarah Peradaban Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | 126307212059 AYU YUNI ATIKOH |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:38 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |