DYAH AYU FAUZIAH, 126210212097 (2025) DIMENSI SATU PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM NOVEL LAUT PASANG 1994 SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER PEMBELAJARAN PROGRAM SASTRA MASUK KURIKULUM. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Dimensi Satu Profil Pelajar Pancasila dalam Novel Laut Pasang 1994 sebagai Alternatif Sumber Pembelajaran Program Satra Masuk Kurikulum” yang ditulis oleh Dyah Ayu Fauziah, Nim 126210212097, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: novel, profil pelajar pancasila, sastra masuk kurikulum Profil Pelajar Pancasila merupakan program dari kurikulum merdeka yang berfokus pada penguatan karakter peserta didik melalui nilai-nilai luhur yang mencerminkan jati diri bangsa. Sejalan dengan program tersebut, penguatan literasi menjadi salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran, yang diwujudkan melalui pemanfaatan karya sastra sebagai bagian dari kurikulum. Sastra tidak hanya berperan dalam meningkatkan minat baca, tetapi juga mampu menumbuhkan empati, mengembangkan kreativitas, serta melatih kemampuan bernalar kritis peserta didik. Oleh karena itu, program sastra masuk kurikulum dalam kurikulum merdeka dihadirkan untuk mendukung pencapaian tujuan pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Melalui pemanfaatan karya sastra yang kaya akan nilai-nilai kemanusiaan, budaya, dan moral, peserta didik diajak untuk tidak hanya memahami teks secara kognitif, tetapi juga menghayati makna yang terkandung di dalamnya secara emosional dan reflektif. Sastra masuk kurikulum juga membantu untuk memilah karya sastra apa saja yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi analisis isi dengan pisau analisis sosiologi sastra untuk mengkaji karya sastra. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, karena data yang diperoleh peneliti berupa teks. Adapun penganalisisannya salah satunya dapat dianalisis dengan analisis isi menggunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan teknik dokumentasi yang memuat baca simak catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan yang menggunakan model Miles and Huberman. Untuk memperkuat uji kreadibilitas dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan peningkatan ketekunan dan diskusi teman sejawat. Adapun kriteria program sastra masuk kurikulum yang digunakan dalam penelitian ini adalah kriteria utama yaitu kriteria dimensi Profil Pelajar Pancasila jenjang SMP/MTS. Adapun hasil penelitian, ditemukan adanya nilai dimensi satu Profil Pelajar Pancasila yang terkandung dalam novel Laut Pasang 1994 yang diwujudkan dalam bentuk, yaitu (1) akhlak beragama berupa tindakan menjalankan ibadah salat, berdoa kepada Tuhan, bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan, melibatkan Tuhan di setiap aktivitas, sabar menerima ketetapan Tuhan, tawakal dengan menyerahkan urusan kepada Tuhan. (2) Akhlak pribadi berupa tindakan jujur dengan mengatakan yang sebenarnya, berkata jujur untuk menyadari kesalahan, tegas membela kebenaran, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas, menjalankan amanah dan mempunyai sifat rendah hati\tawaduk. (3) Akhlak kepada manusia berupa tindakan cinta damai dengan mengingatkan orang lain apabila salah, memiliki rasa empati dengan sesama, membantu orang yang membutuhkan, mempunyai sikap tolong-menolong kepada sesama, setia kawan terhadap teman dan menyayangi keluarga dengan menjaga keharmonisan. (4) Akhlak kepada alam berupa tindakan menjaga kebersihan sekitar, menikmati keindahan alam dan mengelola alam dengan berkebun. (5) Akhlak bernegara dalam novel Laut Pasang 1994 diwujudkan dengan bentuk tindakan cinta tanah air dibuktikan dengan melaksanakan upacara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Kurikulum Bahasa Dan Sastra > Novel Pendidikan Bahasa Dan Sastra > Sastra Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212097 DYAH AYU FAUZIAH |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |