IQSYA MARI'AL FAZA, 126207213140 (2025) PENGAWASAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGOPTIMALKAN KURIKULUM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (951kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengawasan Kepala Madrasah dalam Mengoptimalkan Kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Iqsya Mari’al Faza, NIM. 126207213140, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Pengawasan, Kepala Madrasah, Sistem Kredit Semester (SKS) Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai fenomena terhadap kurikulum yang diterapkan di lembaga pendidikan. Kurikulum mempunyai kedudukan yang strategis dalam kegiatan pendidikan. Kepala madrasah sebagai supervisor melaksanakan pengawasan kurikulum, agar penerapan kurikulum di madrasah tetap optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan tentang (1) perencanaan pengawasan kepala madrasah dalam mengoptimalkan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 1 Tulungagung (2) pelaksanaan pengawasan kepala madrasah dalam mengoptimalkan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 1 Tulungagung (3) evaluasi pengawasan kepala madrasah dalam mengoptimalkan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 1 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data (data collection), kondensasi data, penyajian data (data display), dan penyimpulan data (conclusion data). Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas yang meliputi triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pengawasan diawali dengan mengadakan pertemuan rapat koordinasi dengan pimpinan, kemudian rapat bersama yang diikuti oleh semua guru. Mengolah data dengan mengisi instrumen yang tersedia terkait hasil pembelajaran sistem kredit semester (SKS) dan mengelompokkan sesuai kendala atau permasalahan jika ada, serta menarik kesimpulan untuk memperbaikinya. Kepala madrasah menetapkan suatu teknik untuk meningkatkan profesional guru dan merekrut tim pengelola SKS yang terbagi dalam berbagai bidang. (2) pelaksanaan pengawasan dimulai dari supervisi kelas, supervisi guru dalam pembelajaran, dan supervisi administrasi. Langkah-langkah pengawasan secara langsung dan tidak langsung. (3) evaluasi pengawasan dilaksanakan apabila terdapat suatu hal yang tidak sesuai dengan rencana (plan). Evaluasi dilaksanakan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213140 IQSYA MARI'AL FAZA |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |