KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

DHIYA'U MILLAH MADINALAWI, 126204211015 (2025) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Madinalawi, Dhiya’u Millah. 2025. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Self Confidence, Skripsi, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Self Confidence, Teorema Pythagoras Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, karena berperan dalam mengkomunikasikan ide, gagasan, atau solusi matematika secara lisan maupun tertulis, baik dalam bentuk gambar, tabel, diagram, rumus, ataupun demonstrasi. Sementara itu, self confidence menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung pada materi Teorema Pythagoras ditinjau dari self confidence. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras dengan self confidence tinggi? (2) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras dengan self confidence sedang? (3) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras dengan self confidence rendah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian merupakan 6 siswa kelas VIII B MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yang dipilih berdasarkan angket self confidence lalu diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, tes, dan wawancara. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan self confidence tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis, meskipun masih belum maksimal, (2) Siswa dengan self confidence sedang memiliki perbedaan yang signifikan, salah satu siswa mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dengan sangat baik sedangkan satu siswa lainnya hanya mampu menyelesaikan satu persoalan dengan indikator written text, (3) Siswa dengan self confidence rendah mampu memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis, namun belum mampu mengilustrasikan ide-ide matematis dalam bentuk gambar (drawing).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211015 DHIYA'U MILLAH MADINALAWI
Date Deposited: 11 Jul 2025 00:53
Last Modified: 11 Jul 2025 00:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59304

Actions (login required)

View Item View Item