SALIS SUBITO, 2811133235 (2017) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI KEAGAMAAN SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (140kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (316kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kompetensi Keagamaan Siswa di Mts Aswaja Tunggangri Tulungagung” ditulis oleh Salis Subito, NIM: 2811133235, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci : Strategi, Peningkatan, Kompetensi Keagamaan Peningakatan mutu pendidikan menjadi perhatian pemerintah agar dapat menciptakan sumber daya masyarakat yang berkualitas. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan tanggug jawab pendidik yang professional di sekolah. Sehingga jelaslah pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi setiap manusia, negara dan maupun pemerintah, maka pendidikan harus selalu dikembangkan kualitasnya secara sistematis. Dimana mutu pendidikan agama islam, siswa harus bisa menguasai kompetensi keagamaan. Namun fenomena yang terjadi sekarang ini akibat dampak globalisasi, kompetensi keagamaan peserta didik sekarang ini menjadi berkurang. Sehingga perlu adanya strategi guru agama dalam meningkatkan kompetensi keagamaan. Tanpa adanya strategi pembelajaran maka suatu proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan kompetensi siswa menjadi berkurang. Strategi dalam meningkatkan kompetensi keagamaan di dalam pembelajaran diharapkan dapat mempengaruhi suatu proses pembelajaran. Diantara kompetensi keagamaan yang harus dikuasai adalah kemampuan membaca Al-Qur’an, beribadah yang baik, menanamkan akhlak yang terpuji. Sehingga dengan kegiatan keagamaan tersebut dapat meningkatkan kompetensi peserta didik. Dalam hal ini peneliti mengangkat sebuah judul Strategi peningkatan Kompetensi Keagamaan Siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang Al-Qur’an Hadits di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung?; 2. Bagaimana strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang Fiqh di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung?; 3. Bagaimana strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang Aqidah Akhlak di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang Al-Qur’an Hadits di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung; 2. Untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung; 3. Untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang Aqidah Akhlak di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan trianggulasi metode),dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian bahwa Strategi peningkatan Kompetensi Keagamaan siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. 1) strategi peningkatan kompetensi keagamaan siswa dalam bidang Al-Qur’an Hadits yaitu dengan mengadakan kegiatan keagamaan seperti membaca Al-Qur’an, membaca surat yasin serta menghafalkan surat-surat dengan menggunakan metode ceramah, metode praktek, metode tarti yang sesuai dengan kompetensi keagamaan dan sudah berjalan dengan baik. Semua itu dilihat dari kesesuaian kurikulum yang ada. 2) Strategi Peningkatan Kompetensi Keagamaan siswa dalam Bidang fiqih yaitu dengan mengadakan kegiatan praktik wudhu, sholat, thoharoh, sujud syahwi dengan menggunakan metode ceramah, metode praktik dan metode diskusi, yang disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga kompetensi keagamaan yang dimiliki siswa sudah bagus. 3) Strategi Peningkatan Kompetensi Keagamaan siswa dalam Bidang Aqidah Akhlak yaitu dengan mengadakan kegiatan membaca doa sebelum pelajaran dimulai, pembiasaan membaca Al-Qur’an, sholat jamaah dhuha dan sholat dhuhur dan penanaman akhlak yang baik seperti berjabat tangan sebelum masuk sekolah dan waktu pulang sekolah dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, metode cerita, dan metode tutor sebaya. Dengan persiapan RPP sebagai pedoman pengajaran di kelas sehingga jalannya pembelajaran bisa efektif dan harapan siswa bisa terpenuhi dengan meningkatnya kompetensi yang dimilikinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133235 Salis Subito |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 06:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2017 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5931 |
Actions (login required)
View Item |